Cara Pengaplikasian Make Up Pengantin Adat


Cara pengaplikasian make up pengantin adat memang ada yang khusus. Perias pengantin tradisional ini harus melakukan rangkaian ritual tertentu sebelum hari H. Misalnya, mereka berpuasa dan melakukan meditasi. Rangkaian ritual ini juag diikuti oleh kedua mempelai. Mereka tidak dipertemukan dalam beberapa waktu agar ada rasa rindu yang menggebu. Ritual ini biasanya dijalani oleh pengantin yang menggunakan adat Jawa.

Biaya Make Up yang Cukup Mahal

Cara pengaplikasian make up pengantin adat yang mengikuti tata cara budaya yang sebenarnya memakan biaya yang cukup tinggi. Hasilnya memang sangat memuaskan. Biasanya pengantin wanita terutama yang masih perawan, akan terlihat begitu cantik. Ada alat dan bahan make up khusus yang telah diberi bacaan tertentu.

Dipandang dari sisi agama Islam, hal ini tentu dipandang sebagai langkah yang mengarah ke syirik. Namun itulah adat yang terkadang memang melanggar hukum agama. Jampi-jambi yang dibaca oleh ‘dukun manten’ itu biasanya didapatkan secara turun-menurun atau setelah melakoni ritual khusus.

Syarat Khusus

Cara merias tidak jauh berbeda dengan cara merias make up artis. Banyak juga perias pengantin tradisional ini yang mengikuti kursus kecantikan modern. Di antara peralatan make up yang digunakan kebanyakan juga alat make up biasa. Hasilnya memang berbeda. Ada pantangan yang tidak boleh dilanggar kalau tidak mau hasil hiasan menjadi tidak sempurna.

Misalnya, seseorang yang masih lajang tidak boleh menjadi ‘dukun manten’. Ia tidak diperkenankan untuk membuat paes (suatu bentuk khusus di dahi untuk pengantin wanita). Hiasan make up tradisional ini pun biasanya terlihat begitu tebal. Berbeda dengan make up modern yang bergantung pada tren yang sedang marak. Biasanya warna yang digunakan memang lebih lembut.

Untuk memulai hiasan, wajah pengantin dilapisi dengan foundation. Make up tradisional lebih menggunakan bahan dari dalam negeri atau malah membuat sendiri. Sedangkan para perias modern, biasanya akan menggunakan bahan yang berasal dari luar negeri yang dipercaya lebih bagus dan bisa tahan air.

Waktu yang dihabiskan untuk menghiasa pengantin bisa berjam-jam. Pembuatan alis saja bisa memakan waktu hingga 30 menit. Belum lagi membuat daerah mata tampak indah. Kalau wajah mempunyai banyak jerawat dan bekas jerawat, semua itu harus ditutupi dengan pelapisan berkali-kali.

Cara pengaplikasian make up pengantin adat terkadang terlihat sederhana untuk daerah tertentu seperti dari Papua. Tetapi tidak bagi pengantin dari daerah lain terutama dari Jawa.

Selanjutnya : Tata Cara Sholat Jenazah Seorang Diri
Sebelumnya: Cara Merawat Gigi Plak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar