Cara Mengetahui Cara Penilaian dalam Bulutangkis

Cara penilaian dalam bulutangkis adalah sederhana tapi bisa juga sedikit membingungkan bila partai yang dimainkan adalah ganda. Yang akan diuraikan berikut ini adalah cara menghitung poin dalam bulutangkis partai tunggal karena penghitungannya lebih mudah. Sebelum game dimulai akan ditentukan siapa yang akan melakukan serve terlebih dulu. Dalam pertandingan besar akan dilakukan pelemparan koin untuk menentukan siapa yang mendapat serve duluan.

Bulutangkis

Dalam pertandingan yang lebih kasual biasanya pemain akan melemparkan shuttle cock ke atas, biarkan mendarat dan lihat ke arah mana cock tersebut mengarah. Arah yang ditunjukkan oleh cock itulah akan mendapat serve terlebih dulu.

Dalam pertandingan bulutangkis, pemain yang meraih nilai 21 duluan memenangkan pertandingan. Di pertandingan klub, disinilah dimana pertandingan berhenti kemudian memilih pemain lain untuk bertarung dalam game baru.

Di pertandingan liga atau turnamen yang terpenting dari segalanya mengenai bulutangkis adalah pertandingannya. Satu pertandingan adalah yang terbaik dari tiga game dan kita akan memenangkan pertandingan bila memenangkan dua game.

Jadi satu pertandingan bisa terdiri dari dua atau tiga game. Kapanpun kita memenangi satu rally maka kita yang akan melakukan serve. Jadi jika lawan melakukan serve di rally terakhir maka serve akan diberikan pada kita, jika kita serve maka kita terus serve. Untuk bisa menang, kita memerlukan dua poin nilai lebih unggul.

Kita harus memenangi satu game setidaknya unggul dua poin. Jika score mencapai 20-20 maka angka 21 bukanlah ukuran untuk memenangi game lagi. Kita harus memenangkan dua poin yang jelas: dua poin secera berurutan, satu demi satu, berurutan. Misalnya 22-20 bisa menjadi skor menang, sama seperti 25-23. Tetapi 20-21 tidaklah cukup, begitu juga dengan 24-23.

Jika mencapai angka 29-30, skor tidak akan diteruskan jadi kita sudah memenangkan game. Angka 30 adalah batasan teratas nilai dalam pertandingan bulutangkis. Aturan ini dibuat agar tidak ada game yang terlalu memakan waktu lama, khususnya bila yang memainkan adalah pemain top dunia dimana pertandingan yang panjang berisiko cedera.

Cara penilaian dalam bulutangkis seperti di atas cukup bisa dipahami bukan? Yuk, kita mulai pertandingannya.

Loading...
Selanjutnya : Belajar dari Film Animasi Kancing
Sebelumnya: Tanda-tanda Terkena Narkoba
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar