Mengetahui Cara Penulisan Catatan Kaki Yang Benar


Pernahkah Anda menulis satu makalah akademik yang baik? Makalah yang baik memiliki footnote atau catatan kaki di setiap lembar halaman jika dibutuhkan. Ada dua jenis catatan kaki, yaitu komentar dan kutipan. Komentar adalah kalimat yang mengijinkan kita membuat catatan atas tulisan yang dibuat.

Seperti penjelasan singkat bagi pembaca yang mungkin tidak familiar dengan satu kata yang terdapat dalam kalimat. Atau bisa juga menuliskan komentar mengenai fakta tertentu yang termasuk dalam tulisan tersebut. Bagaimana cara penulisan catatan kaki yang baik dan benar. Yuk, kita cari tahu.

Di atas tadi sudah dijelaskan mengenai komentar catatan kaki. Kutipan memberikan gambaran pada pembaca mengenai sumber yang penting dalam tulisan tersebut yang menunjukkan bahwa kita melakukan penelitian secara menyeluruh sebelum menulis makalah ini.

Berikut langkah-langkah menuliskan catatan kaki dalam suatu makalah akademis:

1. Temukan menu di format word, klik insert untuk menambahkan atau add notes. Akan ada fitur footnote di bawah menu insert atau reference.

2. Pilih nomor footnote yang akan dimulai dan tentukan tampilan footnote yang kita inginkan, baru setelah itu ciptakan sebuah footnote.

3. Ketik footnote dalam gaya yang benar. Dosen atau editor mungkin punya gaya tertentu untuk footnote tapi tidak menjadi masalah bila bentuk footnote sesuai dengan yang kita inginkan.

4. Jelajahi fitur-fitur word untuk memilih daftar kutipan. Jika word Anda tidak memiliki fitur pengaturan kutipan, gunakan program terpisah untuk keperluan ini.

5. Pilih style atau gaya yang akan kita pakai untuk kutipan dalam makalah.

6. Buat daftar kutipan, biarkan pengaturan kutipan memandu kita memasukkan informasi. Format pengaturan kutipan menunjukkan kutipan dengan style atau gaya yang kita sukai.

7. Kembali ke menu utama dan lanjutkan menulis. Prosesor word akan secara otomatis menghitung berapa banyak ruang yang diperlukan di bagian bawah halaman untuk memasukkan footnote.

8. Hilangkan footnote dengan menghapus nomor superscript di teks utama dalam dokumen word yang sedang dikerjakan. Cara ini akan secara otomatis menghapus footnote dan memberi nomor kembali sisa footnote yang ada.

Itulah tadi beberapa cara penulisan catatan kaki atau footnote yang bisa dijadikan panduan bagi Anda yang belum paham mengenai cara mencantumkan footnote dalam halaman word. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Shouryya ray Yaitu Pemecah Teori Isaac Newton
Sebelumnya: Melihat Harga Keramik Roman
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar