Inilah Cara Penulisan Daftar Pustaka Lengkap


Seperti apa cara penulisan daftar pustaka lengkap dan benar? Seperti yang kita ketahui, daftar pustaka adalah sebuah daftar yang menampilkan sumber-sumber referensi yang digunakan oleh penulis untuk membuat sebuah karya tulis, skripsi, tugas akhir, tesis, buku, dan banyak lagi.

Keberadaan daftar pustaka dalam sebuah karya tulis ini sangat penting karena hal ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin melihat referensi dari sebuah karya tulis. Selain itu, daftar pustaka ini juga bermanfaat untuk meningkatkan bobot sebuah karya karena semakin baik kualitas referensi yang digunakan, akan menambah bobot sebuah karya.

Penulisan daftar pustaka ini biasanya ditaruh di bagian belakang atau halaman paling belakang dalam sebuah karya dan ada aturan atau format tertentu yang harus dipenuhi sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit informasi mengenai cara penulisan atau format daftar pustaka yang baik dan benar, penasaran? Berikut ulasannya.

Format Penulisan Daftar Pustaka yang Baik dan Benar

Cara penulisan daftar pustaka lengkap dan benar adalah yang memenuhi ketentuan dalam bahasa Indonesia. Secara umum terdapat beberapa aturan mengenai format penulisan daftar pustaka ini, antara lain adalah penulisan nama pengarang buku yang dijadikan referensi ditulis tanpa disertai gelar.

Daftar pustaka ini juga diketik dengan jarak satu spasi saja dan jarak dengan buku lain atau referensi lain adalah dua spasi. Penyusunan daftar pustaka ini tidak menggunakan nomor urut, melainkan diurutkan berdasarkan alfabetis. Tak hanya itu, jarak antar baris pada daftar pustaka ini hanya satu spasi.

Aturan atau format penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia memang terdengar rumit, tetapi sebenarnya tak demikian. Kita hanya perlu mencoba dan membiasakan diri agar memahami aturan dalam penulisan daftar pustaka. Berikut ini adalah salah satu contoh penulisan daftar pustaka yang baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

Robredl, Michael. 2013. Teori SEO dan Prakteknya. Manado: Ratu Singa Persada

Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Internet

Selain dari buku, kita juga dapat menuliskan referensi dari sebuah situs internet atau blog di daftar pustaka. Secara umum formatnya tak berbeda jauh, penasaran? Berikut ini contohnya.

Nona, Noni. June 2011. Makalah Pendidikan Anak balita Modern. http://nonanoni.com/2011/06/makalah-pendidikan-anak-balita.html. Accessed February 20th 2013.

Secara umum penulisannya tak jauh berbeda dengan penulisan sumber referensi dari buku. Sampai di sini dulu pembahasan mengenai cara penulisan daftar pustaka lengkap, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Perilaku Sosial Menurut Psikologi Sosial dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya
Sebelumnya: Cara Pembuatan Keripik Singkong dan Tips Menjalankan Bisnisnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar