Cara Penulisan Daftar Pustaka Web


Pembuatan hasil karya tulis ilmiah tidak hanya dibuat dalam bentuk buku atau hasil karangan seperti biasanya. Namun dengan adanya perkembangan zaman saat ini, penulisan karya ilmiah ataupun hasil karangan yang telah dibuat oleh seorang penulis dapat dihadirkan ke dalam bentuk web. Sehingga bagi para netter bisa juga menikmati dan membaca hasil dari karangan penulis yang bersangkutan sesuai dengan tema yang diangkat oleh masing-masing penulis. Mereka bisa mencarinya dengan menggunakan mesin pencari yang disediakan oleh layanan internet. Tinggal mencari berdasarkan dengan tema yang diinginkan oleh para netter.

Tak jauh beda dengan penulisan daftar pustaka isi, hasil karya tulisan yang akan ditayangkan di web juga membutuhkan daftar pustaka web. Untuk itulah dibutuhkan bagaimana cara penulisan daftar pustaka web.

Mengapa penulisan daftar pustaka di internet sangat penting? Karena sebuah karya tulis selalu membutuhkan sumber-sumber penunjang dari buku-buku, artikel-artikel, atau sumber referensi lainnya. Untuk itulah sebagai bentuk penghargaan kita kepada para pengarang yang menjadi sumber ide dan sumber referensi untuk hasil karangan yang akan kita hasilkan. Pemberian daftar pustaka di akhir karangan atau karya tulis kita, sangatlah penting, seakan-akan kita membutuhkan hasil pemikiran mereka juga dan hal ini membuat mereka memiliki nilai tersendiri.

Cara-cara penulisan daftar pustaka di internet, yaitu sebagai berikut: daftar pustaka ditulis di bagian akhir tulisan. Nama penulis yang diawali dengan penulisan nama keluarga lalu nama kecil; judul tulisan di letakkan di antara tanda kutip; karya tulis keseluruhan (jika ada) dengan huruf miring, data publikasi berisi dari protokol dan alamat, path, tanggal pesan, dan waktu akses.

Beberapa contoh cara penulisan daftar pustaka web yaitu:

•    Hasibuan, Rusli. “Menanam Jengkol di Bukit Kapur.” http://www.duniatani.or.id/riset/rusli/palawija_jengkol.html (diakses tanggal 12 Juni 2003)

•    Rahman, Afif. “Proposal Buku Sekolah Murah Meriah.” afif-23@dodols.com (diakses tanggal 22 September 2009)

•    Utorodewo, Felicia N. Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar Penulisan Ilmiah. Jakarta: Universitas Indonesia, 2007. (Dipakai di lingkungan UI)

Selanjutnya : Mengenal Penyakit pada Kemaluan
Sebelumnya: Daftar Harga Tabloid Gaul dan Rubriknya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar