Cara Penulisan Gelar MMPd


Cara Penulisan Gelar MMPd merupakan hal penting dalam menulis suatu dokumen resmi dengan seseorang yang menyandang gelar akademik MMPd. Cara menulis gelar MMPd yang benar adalah MM.Pd yang merupakan akronim dari Magister Manajemen Pendidikan.

Gelar M.M.Pd ini diperoleh bila Anda telah menyelesaikan pendidikan dari Program Studi Magister Manajemen Pendidikan. Tata cara penulisan gelar yang benar juga sangat penting untuk diketahui oleh pemilik gelar tersebut untuk menunjukkan kompetensi dan pemahaman atas keilmuan yang disandangnya.

Namun, terdapat polemik mengenai penulisan gelar ini karena sebagian universitas menggunakan gelar akademik M.Pd atau Master Pendidikan meskipun seseorang tersebut lulus dari jurusan Manajemen Pendidikan. Beberapa sumber menyebutkan gelar M.M.Pd berkembang karena ulah para lulusan pendidikan Manajemen yang kebetulan bekerja di dunia pendidikan. Padahal gelar tersebut tidak diakui oleh pemerintah dan kalangan perguruan tinggi. Tetapi, beberapa kampus swasta tetap memberi lulusannya gelar M.M.Pd.

Bila mengacu pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 178/U/2001 tentang Gelar dan Lulusan Perguruan Tinggi, dapat diketahui daftar jenis gelar akademik master. Dalam SK Mendikbud tersebut Pasal 6 menyebutkan bahwa gelar akademik terdiri atas Sarjana, Magister, dan Doktor. Kemudian, pasal 7 menyebutkan bahwa penggunaan gelar Magister ditempatkan di belakang nama yang berhak atas gelar yang bersangkutan dengan mencantumkan huruf M untuk Magister disertai singkatan nama kelompok bidang keahlian.

Dengan demikian, cara menulis gelar dengan benar berdasarkan SK Mendikbud dan Kepmendikbud tersebut tersebut khusus untuk kelompok program studi magister manajemen pendidikan maka gelarnya adalah Magister Manajemen Pendidikan atau MM.Pd. Sedangkan, khusus untuk program studi magister pendidikan maka cara penulisan gelar MPd yang benar adalah M.Pd.

Keabsahan gelar MMPd ini kemudian kembali dipertanyakan dan terbit peraturan baru yang menyatakan bahwa gelar pendidikan di Indonesia tidak mengenal tulisan “double M”. Karena cara penulisan gelar S2 yang benar adalah huruf M diikuti titik kemudian diikuti inisial bidang ilmu terkait atau inisial program studi.

Agar lebih yakin, Anda bisa melihat di situs DIKTI/KOPERTIS mengenai Tata Cara Penulisan Gelar Magister (S2) yang diatur dalam PP No. 17 Tahun 2012 khususnya Pasal 98 tentang Penggunaan Gelar Perguruan Tinggi Dalam Negeri. Jadi, kesimpulannya penggunaan gelar M.M.Pd tidak benar dan gelar tersebut tidak sah bahkan dapat dikenakan sanksi penyalahgunaan gelar seperti tercantum dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Semoga informasi cara penulisan gelar MMPd ini bermanfaat . Selain itu, juga membantu Anda untuk dapat menulis gelar dengan benar serta dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda untuk melanjutkan pendidikan ke strata dua.

Selanjutnya : Membuat Aneka Pempek
Sebelumnya: Aneka Olahan Cumi-cumi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar