Belajar Cara Penulisan Gelar Spd Mpd yang Benar


Gelar merupakan suatu pencapaian dan penghargaan dari sebuah instusi atau lembaga pendidikan terhadap anak didik yang belajar ditempat tersebut, mengenai gelar ini ada sebagian orang yang selalu membanggakannya dan tidak rela bila penulisan gelar atau pengucapannya salah, karena gelar ini merupakan suatu puncak prestasi yang penting yang sudah untuk didapat dalam proses pencapainnya.

Ada juga yang menyembunyikan atau tidak mau memperlihatkan gelarnya dikarenakan malu atau tidak suka memakai gelar tersebut. Berikut adalah pemaparan mengenai cara penulisan gelar spd mpd yang benar.

Penulisan gelar itu sendiri terkadang selalu dianggap remeh oleh sebagaian orang, padahal jika penulisan gelar tersebut salah untuk ditulis bisa berakibat fatal bagi pemilik gaelar maupun kepada pihak lainnya. oleh sebab itu kita perlu mengetahui cara penulisan gelar.

Merujuk pada aturan kebahasaan, penulisan gelar masuk dalam kategori singkatan sebuah bahasa dan huruf dimana hal ini mempunyai aturan dan ejaan tersendiri, sayangnya belum banyak masyarakat yang mengetahui bahkan masih saja terjadi kesalahan pada penulisan gelar tersebut.

Sekarang kita akan mncoba untuk menganalisa dari sebuah gelar contohnya, sarjana pendidikan , penulisan yang benar pada gelar ini adalah S.Pd. dan ditaruh di belakang nama penyandang gelar, contohnya Afifah Rosyad S.Pd. Huruf “S” pada kata sarjana ditulis dengan huruf besar dan diakhiri dengan tanda titik (.) karena merupakan satu kata, kemduian huruf “P” ditulis dengan huruf besar sedangkan huruf D ditulis dengan huruf kecil dan diakhiri tanda titik, mengapa demikian? Karena P dan D merupan rangkaian kata kepanjangan dari kata pendidikan.

Sama halnya dengan gelar mpd, gelar ini diberikan untuk orang yang menimba ilmu S2 dengan mengambil jurusan pendidikan, cara penulisan yang benarnya adalah M.Pd. yang berarti Magister Pendidikan. Untuk analisanya pun sama dengan gelar S.Pd.

Dan untuk penulisan gelar-gelar lainnya sebenarnya juga sangat mudah asalkan kita harus mengetahui singkatan dari jurusannya tersebut seperti hukum, kedokteran, ekonomi, dll
Semoga dengan dipaparkannya cara penulisan gelar spd mpd yang benar ini dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan kita semua.

Selanjutnya : Mengetahui Cara Penulisan Kutipan Dari Kutipan yang tidak Membingungkan
Sebelumnya: Gambar Tema Hp Nokia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar