Cara Penulisan Latar Belakang yang Benar


Bagaimana sebenarnya cara penulisan latar belakang yang benar dan baik? Pertanyaan ini muncul ketika seseorang menuliskan sebauh makalah atau paper tetapi bingung hendak memulai darimana. Padahal untuk bisa menuliskan latar belakang yang baik dan benar tidaklah terlalu susah atau ribet.

Namun sebelum membahas mengenai cara penulisannya. Alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu latar belakang itu seperti apa?

Mengenal Latar Belakang

Latar belakang merupakan salah satu komponen saja dalam sebuah penulisan karya ilmiah. Biasanya penulisan latar belakang ada pada sebuah makalah, artikel ilmiah, paper, dan berbagai karya ilmiah yang lainnya.

Isi dari tulisan latar belakang merupakan segala sesuatu atau hal apa yang menjadi sebab kita menulis makalah atau karya ilmiah tersebut. Berbagai hal yang menjadi penyebab kita menuliskan karya ilmiah tersebut tertuang semuanya dalam latar belakang.

Inilah yang menjadi inti dari penulisan dari sebuah latar belakang dalam karya ilmiah. Adapun banyaknya atau berapa panjang latar belakang tersebut adalah bergantung pada penulis itu sendiri. Pada intinya adalah tidak terlalu bertele-tele dan mengena.

Jika terlalu bertele-tele maka dikhawatirkan apa yang menjadi latar belakang malah tidak tersampaikan. Bisa juga  isi dari latar belakang lebih panjang dari bab isi yang seharusnya disampaikan pada karya ilmiah tersebut. Oleh karena itu, disarankan dalam penulisan latar belakang hanya menjadi inti dari sebab penulisan karya ilmiah tersebut saja.

Penulisan Latar Belakang

Pada bagian sub bab sebelumnya telah dibahas bahwa penulisan latar belakang tidaklah bertele-tele. Maksudnya adalah inti dari penulisannya terlalu melebar kemana-mana sehingga tidak terlalu sokus apa yang menjadi penyebab penulisan karya ilmiah tersebut.

Inti dari isi latar belakang adalah apa yang menjadi penyebab penulisan karya ilmiah. Oleh karena itu, dalam penulisan latar belakang maka harus benar-benar diperhatikan bahwa apa yang menjadi isinya adalah penyebab penulisan karya ilmiah.

Biasanya pada pargraf awal selalu dimulai dengan pembukaan sebelum mengarah pada inti. Baru setelah itu, pada bagian tengah berisikan mengenai penyebab penulisan karya ilmiah yang merupakan inti dari latar belakang.

Setelah itu, pada pargraf terkahir biasanya ditutup dengan kalimat atau kata, “Oleh karena itu, karya tulis ilmiah ini dibuat ..”atau yang lainnya dengan maksud yang hampir sama.

Demikianlah cara penulisan latar belakang yang benar yakni tidak terlalu bertele-tele dan langsung mengarah pada intinya. Meskipun pada awalnya biasanya dimulai pembukaan yang terkesan basa-basi.

Selanjutnya : Manfaat Kopi untuk Lulur
Sebelumnya: Manfaat Buah Tomat dan Melon
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar