Bagaimana Cara Penulisan Surat Pernyataan Pribadi Untuk Melamar Pekerjaan


Kita mungkin ingin menuliskan sebuah draft surat sebelum mengirimkannya. Sama halnya dengan membuat surat pernyataan. Kita harus membuat draft terlebih dulu untuk kemudian dibaca ulang dan melakukan proses editing hingga surat itu layak baca.

Surat pernyataan adalah sebuah surat yang menegaskan kemampuan atau produk yang telah dihasilkan oleh diri kita sendiri. Bagaimana cara penulisan surat pernyataan yang baik dan benar?

Surat pernyataan bukan hanya berasal dari pernyataan diri tetapi bisa juga berasal dari sumber lain misalnya bank atau perusahaan gas yang menyatakan hubungan kerjasama antara kita dengan perusahaan tersebut.

Surat pernyataan pribadi merupakan surat yang menyatakan kemampuan diri untuk mengisi satu jabatan atau posisi dalam sebuah kesempatan. Misalnya ingin melamar pekerjaan maka kita harus membuat surat pernyataan pribadi.

Berikut langkah yang bisa diikuti untuk membuat surat pernyataan pribadi untuk melamar pekerjaan :

1. Kumpulkan informasi yang diperlukan untuk dicantumkan dalam surat pernyataan tersebut. Pikirkan dengan baik maksud dari surat tersebut dan buatlah daftar atau outline dari urutan yang akan kita masukkan dalam informasi tersebut.

2. Cantumkan alamat dan detil kontak pribadi dibagian atas halaman, tanggal di bawahnya dan nama penerima di bagian kiri beserta alamatnya.

3. Mulailah menulis penyataan sesuai dengan tujuan surat. Cara ini akan langsung memberikan informasi pada pembaca tujuan dari penulisan surat pernyataan kita.

4. Gunakan badan surat untuk memperlihatkan informasi yang berhubungan untuk mendukung pernyataan kita. Selesaikan dalam tiga paragraph singkat, sekitar lima kalimat setiap paragraph.

5. Akhiri surat dengan pernyataan aksi apa yang kita harapkan akan terwujud berikutnya atau sebuah deklarasi bahwa informasi yang kita berikan adalah benar. Akhiri dengan membubuhkan tanda tangan dan salam penghormatan pada si penerima surat. Lalu tuliskan nama kita. Selesai.

Langkah-langkah di atas adalah cara penulisan surat pernyataan pribadi yang dibuat untuk kepentingan melamar pekerjaan. Semoga bisa bermanfaat dan menambah referensi Anda, khususnya bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan, sehingga Anda bisa cepat mendapatkan pekerjaan. Selamat menulis surat pernyataan Anda.

Selanjutnya : Cara Membuat Diri Menjadi Cantik
Sebelumnya: Surat Pemberitahuan Piknik Family Gathering
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar