Cara Penyusunan Karya Tulis


Penyusunan karya tulis kerap menjadi tugas yang tidak disenangi baik oleh pelajar yang masih duduk di bangku sekolah maupun mahasiswa. Menulis memang bukan hal yang mudah tapi bukan pula sebuah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan oleh siapapun. Terkait dengan karya tulis, menulis telah diatur sedemikian rupa baik kerangka maupun aturan lainnya.

Hal ini dikarenakan tujuan dari dibuatnya karya tulis merupakan sebagai laporan dari hasil kegiatan penelitian atau studi literatur mengenai suatu masalah atau fenomena yang muncul di masyarakat. Oleh karena itu,sebagai sebuah laporan karya tulis harus tersusun dengan sistematis sehingga informasi yang diberikan jelas dan teratur.

Dalam membuat karya tulis perlu diperhatikan beberapa langkah atau cara penyusunannya agar karya tulis yang dibuat dapat tersampaikan informasi yang terdapat di dalamnya. Berikut adalah cara yang perlu diperhatikan dalam membuat karya tulis.

1. Tentukan Tema Mengenai Karya Tulis yang Dibuat

Tema yang ditentukan dapat berasal dari kegiatan penelitian maupun studi literatur yang dilakukan. Tema merupakan kerangka besar dari disusunnya sebuah laporan tertulis.

2. Tentukan Judul

Setelah menentukan tema besar maka fokus karya tulis perlu diperuncing ke dalam judul. Hal ini bertujuan agar isi dan kajian yang tercantum dalam karya tulis lebih spesifik. Dalam pembuatan judul harus disesuaikan dengan tema dan masalah atau fenomena yang diangkat dalam karya tulis.

3. Tentukan Tujuan dan Masalah

Sebuah karya tulis harus memiliki tujuan penulisannya serta masalah penelitian yang diangkat. Hal ini akan terkait dengan tinjauan teori yang digunakan  serta metode yang digunakan.

4. Buat Kerangka Penulisan Sesuai Aturan atau Ketentuan

Kerangka penyusunan sebuah karya tulis telah ditentukan setiap babnya. Biasanya kerangka tersusun sebagai berikut.
a.    BAB I Pendahuluan
b.    BAB II Tinjauan Pustaka
c.    BAB III Metode Penelitian
d. BAB IV Pembahasan
e. BAB V Simpulan dan Saran

Setelah semua langkah yang telah disebutkan diketahui dan siap dilakukan maka artinya penyusunan telah siap dilakukan.  Hal lain yang perlu diperhatikan adalah penggunaan bahasa, bahasa karya tulis merupakan bahasa baku dan penulisannya sesuai dengan aturan ejaan yang disempurnakan.

Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan? Siapapun dapat membuat sebuah karya tulis yang baik apabila sang pembuat lebih peka melihat masalah sosial, rajin membaca, dan mengetahui lebih banyak cara penyusunan karya tulis.

Selanjutnya : Mari Memahami Isi Pesan Go Green
Sebelumnya: Membuat Isi Buku Diary untuk Mengenang Masa Lalu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar