Cara Perawatan Burung kenari Bagi Pemula


Burung kenari adalah salah satu hewan yang menjadi favorit para penggemar burung hias. Tubuhnya yang kecil dan suaranya yang nyaring seringkali meramaikan suasana pagi di rumah-rumah orang yang memeliharanya.

Lingkungan sekitar juga menjadi lebih ramai dengan adanya kicauan burung kenari ini. Bagi yang ingin merawat burung kenari untuk pertama kalinya, boleh disimak cara perawatan burung kenari untuk pemula, seperti yang dituturkan berikut ini.

Burung kecil ini bisa mendatangkan penghasilan tambahan bagi pemiliknya. Selain itu harga jual kembali burung ini cukup tinggi dan menguntungkan. Mereka yang sudah sering memelihara burung hias tentunya sudah mendapat gambaran cara merawat peliharaannya dengan baik.

Namun, bagi mereka yang baru pertama kali mencoba ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perawatannya maksimal dan menguntungkan. Meskipun perlu ketelatenan dalam memelihara hewan mungil dan menggemaskan tapi prosesnya cukup menyenangkan bagi orang yang memang hobi memelihara hewan.

Burung kenari ini setiap pagi bisa ditaruh di luar dan mendapatkan angin segar agar pernafasannya lancar. Bila matahari sudah mulai meninggi segera lindungi burung kenari dengan menempatkannya di tempat yang teduh. Jangan menjemur burung kenari lebih dari dua jam. Batas maksimal adalah jam 11 siang sebelum matahari berada di atas kepala.

Kandang burung harus dibersihkan secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan burung kenari. Beri pakan yang sesuai untuk peliharaan Anda. Selain pakan kroto, burung kenari juga bisa diberi tumbukan sayuran, atau buah-buahan sehingga pakan yang dia dapatkan penuh nutrisi.

Boleh juga memberinya tambahan vitamin yaitu telur rebus. Tapi jangan terlalu seirng, karena dua minggu sekali saja sudah cukup. Bila sudah diberi makan dan dijemur, burung kenari bisa ditempatkan di ruangan tertentu dengan kandang yang ditutupi kain.

Di sore hari, kita boleh mengajak burung kenari jalan-jalan dengan membawanya ke taman dan melihat suasana luar. Setelah dirasa cukup, sekitar 15 menit, bawa kembali burung kenari ke rumah dan tutupi kembali dengan kain. Itulah tadi sedikit uraian mengenai cara perawatan burung kenari untuk pemula. Silakan dicoba.

Selanjutnya : Mencari Harga Laptop Apple Second
Sebelumnya: Cara Membuat Es Bubble Aneka Rasa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar