Cara Perawatan pada Power Supply


Cara perawatan pada Power  Supply harus dilakukan dengan baik agar benda tersebut bisa tetap awet dan berfungsi sebagaimana mestinya. Namun, sebelum kita berangkat pada cara merawat power supply yang benar, kita pahami terlebih dahulu yang dimaksud dengan power supply dan piranti-pirantinya.

Power supply atau pencatu daya merupakan sebuah piranti elektronik yang berfungsi sebagai sumber daya untuk piranti lain yang berdaya listrik. Alat ini tidak menghasilkan energi listrik saja, ada juga pencatu daya yang secara khusus menghasilkan energi listrik yang dibutuhkan untuk keperluan tertentu dan menghasilkan energi mekanik dan energi lainnya.

Power supply ini terdiri atas dua macam, yakni power supply yang distabilkan dan power supply yang tidak distabilkan. Power supply yang distabilkan bisa digunakan pada berbagai macam piranti elektronik, sedangkan power supply yang tidak distabilkan adalah jenis pencatu daya yang sederhana sehingga tegangan maupun arus keluarannya tidak stabil. Power supply jenis ini biasanya digunakan untuk piranti elektronik yang sederhana dan tidak sensitif terhadap berbagai perubahan tegangan dan keluaran.

Teknik merawat power supply yang baik :

1.  Bersihkan power supply dari berbagai macam kotoran dan debu yang melekat di dalamnya. Debu-debu yang menempel akan menghalangi sirkulasi udara pada power supply sehingga bisa merusak alat tersebut.

2.  Bukalah kotak power supply saat hendak dibersihkan agar semua kotoran dan debu tidak bersisa. Lakukan cara perawatan yang benar pada power supply ini pada saat piranti elektronik sudah tidak pada masa garansi. Jika masih dalam garansi, gunakan air compressor saja untuk membersihkan.

3.  Gunakan bilah pensil untuk mencegah daun fan berputar saat peniupan berlangsung.

4.  Gunakan masker hidung dan mulut agar debu dan kotoran tidak menginfeksi mata.

5.  Jika debu dan kotoran tidak bisa dibersihkan dengan air compressor, gunakan cotton buds yang sudah diolesi cairan pembersih. Lakukan proses ini dengan hati-hati.

6.  Bersihkan permukaan logam kotak power supply dengan menggunakan lap yang sudah diberikan cairan pembersih.

Demikianlah beberapa langkah cara perawatan pada power supply yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Jika tidak bersedia, serahkan saja pada ahlinya.

Selanjutnya : Manfaat Bisnis Peternakan Kambing
Sebelumnya: Cara Menulis Cerpen Hewan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar