Bagaimana Cara Set Up Printer Baru ke Komputer?


Bagaimanakah cara set up printer baru ke komputer? Pertanyaan tersebut pasti muncul bagi Anda yang baru membeli printer. Terkadang terasa kurang afdhal apabila kita mempunyai komputer, akan tetapi tidak memiliki printer. Banyak jenis printer yang tersedia di pasaran, baik dari segi harga, merk, fasilitas, dan kecanggihan lainnya. Yang harus diperhatikan dalam membeli printer adalah pastikan kalau Anda mendapatkan CD drivernya juga. Cd driver ini berfungsi untuk men-setup atau meng-install printer supaya dapat digunakan di komputer atau laptop Anda.

Kalau Anda membeli printer baru dengan ada masa garansinya, tidak perlu dikhawatirkan karena di dalamnya pasti ada CD drivernya. Akan tetapi, bagi Anda yang membeli bekas, baik dari teman atau pun tempat lain, pastikan Anda mendapatkan CD driver tersebut.

Bagi Anda yang sudah terlanjur membeli printer, tapi tidak diberi atau tidak ada CD-nya, jangan khawatir juga karena sekarang mudah untuk mendapatkannya. Anda bisa membeli ke pusat-pusat penjual CD (bajakan) dan membeli CD driver sesuai dengan tipe printer kita. Selain itu, Anda pun dapat mencarinya di internet dengan mengunduh file untuk driver printer kita.

Sebenarnya beberapa aplikasi windows juga bisa menginstall secara otomatis ketika kabel printer dihubungkan ke komputer atau laptop. Windows tersebut akan langsung mendeteksi software yang baru dibacanya. Setelah Anda memiliki file atau CD driver printer tersebut, saatnya Anda men-setup printer. Caranya adalah masukkan CD driver tersebut, kemudian klik “setup” dan biarkan proses berlangsung, lama atau sebentarnya biasanya tergantung dari jenis printernya.

Setelah beberapa lama, pada layar monitor ada petunjuk supaya Anda menghubungkan kabel printer ke komputer atau laptop. Biarkan proses berikutnya berjalan sampai selesai dan akhirnya ada tulisan “finish”. Setelah selesai semuanya, langkah baiknya komputer/laptop Anda di restart lagi, meskipun tidak ada permintaan pada layar komputer. Kalau sudah beres, Anda dapat mencoba printer tersebut.

Cukup gampang bukan cara set up printer baru ke komputer? Mudah-mudahan petunjuk singkat ini dapat memberikan gambaran bagi Anda yang baru memiliki printer. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Titik Refleksi Pencernaan pada Kaki
Sebelumnya: Hukum Nikah Muda dalam Pandangan Islam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar