Cara Shalat Dhuha yang Baik dan Benar


Shalat Dhuha merupakan salah satu dari shalat nafilah atau shalat sunat. Keutamaan dari shalat Dhuha ini adalah untuk mempermudah mengalirnya rizki kepada orang yang mengerjakannya. Keutamaan lainnya adalah bahwa Allah akan membangunkan istana di surga, terus di suatu hadits disebutkan juga pahalanya sama dengan umrah, dan Allah akan mengampuni semua dosa dan kesalahan. Namun, yang jadi pertanyaan, apakah cara shalat Dhuha kita sudah baik dan benar?

Yang terpenting adalah bagaimana seorang muslim bisa istiqamah dan konsisten dalam melaksanakan shalat nafilah tersebut. Sedkit panduan tentang pelaksanaan shalat Dhuha tersebut akan dijabarkan sebagai berikut.

1. Pelaksanaan

Shalat sunat Dhuha dilaksanakan dari mulai munculnya matahari sampai sekitar pukul 10 pagi. Lebih utama lagi apabila dikerjakan sebelum kita pergi beraktivitas atau bekerja. Akan tetapi, kalau tidak sempat bisa dilakukan pagi hari di tempat kerja kita.

2. Jumlah rakaat

Banyak rakaat yang dilakukan adalah minimalnya 2 rakaat dan maksimalnya 12 rakaat. Dengan setiap 2 rakaat langsung diikuti dengan salam.

3. Cara pelaksanaan

a. Berdiri menghadap kiblat dengan pakaian dan tempat yang suci dari hadas dan najis.

b. Berniat untuk melaksanakan shalat sunat Dhuha (ushalli sunnatadh dhuha’a rak’ataini lillahi ta’ala).

c. Setelah itu, langsung takbir dengan mengucapkan Allahu Akbar.

d. Kemudian membaca surat Al-Fatihah.

e. Membaca surat-surat lainnya. Namun, dianjurkan untuk membaca surat Asy-Syam pada raka’at pertama ini.

f. Selanjutnya dari mulai gerakan ruku hingga sujud seperti shalat yang lainnya.

g. Pada raka’at kedua setelah membaca Al-Fatihah membaca surat dalam al-Qur’an. Namun, yang dianjurkan adalah surat adh-Dhuha.

h. Selanjutnya dari mulai gerakan ruku hingga sujud seperti shalat yang lainnya.

i. Setelah mengucapkan salam, dianjurkan untuk berdzikir terlebih dahulu.

j. Terakhir adalah membaca doa setelah shalat Dhuha. Pada doa inilah esensi bahwa shalat Dhuha akan membuka pintu rizki bagi kita.

Itulah sekilas gambaran mengenai cara shalat Dhuha, mudah-mudahan kita dapat memperbaiki kualitas shalat tersebut, sehingga rizki kita lebih dimudahkan lagi oleh Allah SWT.

Selanjutnya : Film Sailor Moon Versi Manusia
Sebelumnya: Tanda Sakit di Bawah Perut Kiri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar