Cara Stek Batang pada Tumbuhan


Selain cangkok, ada cara lain untuk memperbanyak bibit pada suatu tanaman, tumbuhan, atau pun pohon, yaitu dengan cara stek batang. Proses ini juga banyak dilakukan oleh para petani atau pecinta tanaman. Cara stek ini tentunya sangat berbeda dengan mencangkok yang sudah umum kita ketahui. Untuk mendapatkan kualitas stek yang bagus, banyak hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah pembahasan mengenai stek pada batang.

1. Carilah tanaman atau pohon yang berkualitas baik atau unggul yang akan distek. Apabila pohon yang akan distek tersebut menghasilkan buah, maka pilihlah cabang/batang pada pohon yang telah berbuah.

2. Kemudian, pilihlah batang atau cabang yang besar dan kuat untuk dipotong dengan ukuran pada umumnya sekitar 10 cm. Untuk memotongnya jadikan pada ujungnya runcing. Untuk mendapatkan hasil seperti itu, Anda harus memotong miring pada batang/cabang tersebut.

3. Pada bagian ujung pangkal stek, berikan obat perangsang untuk akar. Yang biasa digunakan adalah rootone. Setelah itu, tanam dan tancapkan pada tanah/media yang akan dipakai untuk tanaman stek dan lakukan hal tersebut dengan hati-hati.

4. Setelah berapa lama, silahkan cek batang yang sedang distek tersebut. Apabila sudah keluar serabut akar dan juga daun, maka Anda boleh memisahkannya atau memindahkannya ke tempat atau media lain.

5. Proses stek ini lebih baik dilakukan ketika musim hujan berlangsung supaya banyak air yang diserap. Kalau pun terjadi pada musim kemarau, perbanyak menyiram batang yang sedang distek pada media/tempatnya. Ada pun media yang dijadikan tempat tidak menjadikan air yang disiramkan banyak menggenanginya karena akan terjadi proses pembusukan nantinya.

6. Pada proses pemotongan tadi, diharuskan memotong miring pada batang. Hal ini dimaksudkan supaya akar yang keluar nantinya lebih banyak dibandingkan dengan memotong lurus (horizontal).

Perlu diketahui bahwa proses stek juga dapat dilakukan dengan menempelkan dua batang yang berbeda. Masing-masing batang dipotong miring, kemudian digabungkan dan diikat. Setelah diikat baru dibalut dengan tanah. Tunggu proses tersebut sekitar satu minggu, setelah itu buka bungkus tanah tersebut dan dapat dipindahkan ke media lain. Itulah sedikit pengetahuan tentang cara stek batang pada tumbuhan, semoga dapat dipraktekkan. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Umur Kelahiran Normal
Sebelumnya: Contoh Paper Psikologi Belajar – Hubungan Belajar, Memori dan Pengetahuan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar