Ceramah Agama Islam dengan 2 Ayat dan 2 Hadis


Dalam agama Islam, ceramah merupakan salah satu cara untuk menyebarkan ajaran Islam. Mulai dari ceramah tentang syariat, ibadah, sampai dengan etika. Kali ini akan dibahas ceramah agama Islam dengan 2 ayat dan 2 hadist.

Tema ceramahnya adalah tentang cinta. Seperti yang diketahui, dalam menjalani kehidupan tidak bisa terlepas dari cinta. Cinta yang bisa membawa bahagia, dan tekadang juga derita. Dalam hal ini, cinta tidak berbicara tentang cinta manusia, tetapi juga denganĀ  Allah.

Ceramah tentang Cinta

Perlu disadari, cinta yang tumbuh di dalam hati setiap manusia tidak terlepas dari campur tangan Allah. Pertemuan kedua hati manusia adalah kehendak dari Allah SWT. Begitu juga dengan perpisahan. Perpisahan juga kehendak dari Allah SWT.

Cinta seharusnya suci, murni dari hati kedua insan. Tidak ada kata paksaan, tumbuh begitu saja dari dalam hati. jika keduanya dipersatukan, mungkin Allah telah menjodohkan. Namun sebaliknya, jika keduanya dipisahkan, mungkin Allah telah menyiapkan jodoh yan lebih baik.
Untuk itu, sebagai manusia tidak boleh putus asa dalam mencari jodoh. Jika hubungan percintaan terputus di tengah jalan, hindarkanlah perasaan benci.

Ada beberapa hadist tentang permusuhan. Permusuhan merupakan hal yang paling dibenci Allah SWT. Pertama hadist yang mengatakan bahwa sebagai umat muslim dilarang bermusuhan lebih dari tiga hari. Apabila permusuhan itu berlanjut lebih dari tiga hari, hukumnya dosa. Dosa yang ditanggung oleh mereka yang bermusuhan.

Hadist kedua, dalam agama Islam, cinta diakui sebagai hal yang menyatukan dua insan. Cinta dalam Islam adalah cinta yang didasarkan akan Allah, bukan semata karena rasa suka antar sesama.

Ada juga ayat Al Quran tentang cinta. Salah satu ayatnya terdapat pada surat At-Taghaabun. Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa Allah maha mengetahui segala hal yang ada di langit dan bumi. Apapun yang tersembunyi Allah ketahui, termasuk perasaan manusia.

Allah tahu ada perasaan cinta. Namun, Allah juga tahu apa yang terbaik bagi umatnya. Jika cinta itu baik, akan dipersatukan. Dan jika cinta itu tidak baik, akan dijauhkan. Dalam ayat Al Quran lainnya, Allah menjelaskan bahwa apapun yang terjadi di dunia ini adalah kehendak-Nya, termasuk tentang cinta.

Demikianlah ceramah agama Islam dengan 2 ayat dan 2 hadis. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Agen Sepatu Nike Indonesia dan Sejarah Berdirinya
Sebelumnya: Karir Musik Anggota Nsync
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar