Ceramah Agama Tulisan


Insan beragama yang taat dan beriman secara kodrati selalu berusaha mendekatkan diri kepada Tuhan, mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tentang permasalahan keseharian tanpa keluar dari koridor agama. Pencarian tersebut dapat dilakukan dengan belajar kepada orang yang dianggap lebih tinggi pengetahuannya, alim ulama atau secara otodidak.

Ceramah agama tulisan yaitu ceramah yang dalam bentuk tulisan melalui booklet dan situs agama merupakan sarana dakwah yang efisien dan fleksibel karena dapat diakses dengan mudah, kapan saja. Satu hal yang patut diingat, informasi dalil yang dijadikan acuan dalam tulisan dakwah harus bersumber pada kitab suci Al Quran dan Hadits Nabi serta pendapat para ulama yang telah disepakati umat sebagai rujukan.

Tulisan bernada dakwah atau ceramah agama yang banyak diminati para pencari Tuhan adalah tulisan bertema populer, mengangkat masalah keseharian dalam kehidupan dan disajikan dalam gaya bahasa bertutur yang ringan tanpa kesan menggurui namun mengajak berkontemplasi.

Tulisan ceramah seperti ini akan lebih mudah dipahami dan menggugah hati meraih kebenaran hakiki. Tema popular biasanya adalah tentang kisah-kisah hikmah, gaya hidup masa kini ditinjau dari tuntunan kitab suci, masalah akidah dan toleransi hingga kehidupan setelah mati.

Sebuah tulisan dakwah akan bernilai lebih jika meninggalkan kesan di hati pembacanya, mudah dipahami dan diingat serta menginspirasi umat untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ceramah agama yang dituturkan dalam tulisan bergaya pop akan lebih menarik minat pembaca berusia muda yang tengah mencari jati diri.

Contoh tulisan dakwah yang bertema menerapkan disiplin kerja misalnya, dapat menyitir bunyi surat Al Ahzab ayat 72:

ceramah 1

Dari pemahaman ayat itu dapat dikupas lebih lanjut bahwa disiplin dalam kerja merupakan suatu amanat yang harus dipikul umat, dan agar tidak menjadi pengemban amanat yang lalim kita perlu mentaati peraturan kerja yang berlaku seperti halnya beribadah, karena bekerja mencari nafkah merupakan salah satu bentuk ibadah seperti yang dijelaskan dalam ayat-ayat yang mengatur tentang fungsi diciptakannya siang dan malam.

ceramah 2

Diharapkan pembaca akan tergugah hatinya dan menjadikan disiplin sebagai etos kerja karena dengan berdisiplin akan menumbuhkan sifat teguh dalam berprinsip, tekun berusaha dan pantang menyerah dalam menghadapi permasalahan sehingga sikap disiplin membawa pengaruh positif bagi kehidupan pribadi, bermasyarakat berbangsa dan bernegara sebagai efek dari membaca ceramah agama berupa tulisan.

Selanjutnya : Tips Cara Download Game Pc yang Benar
Sebelumnya: Seni Cara Menulis Not Angka
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar