Contoh Ceramah tentang Sedekah


Ceramah tentang sedekah sedang menjadi topik yang mendominasi isi ceramah. Beberapa contoh ceramah agama Islam tentang sedekah sering kita jumpai dalam dakwah beberapa ulama terkenal, baik di televisi maupun tausiah-tausiah di berbagai majelis taklim.

Sebut saja ceramah ustadz Yusuf Mansur di ANTV atau Ippho Santosa di Trans 7, semuanya berisi ceramah yang bertema sedekah.

Pertanyaannya adalah mengapa topik cermaah tentang sedekah menjadi tren? Adakah sesuatu yang istimewa tentang sedekah? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak uraian berikut ini.

1. Pengertian Sedekah dan Infak

Sedekah adalah memberikan sesuatu kepada orang lain yang membutuhkan dengan ikhlas. Dalam memberikan sedekah tidak ada batasan kepada siapa kita harus bersedekah. Artinya, kita dapat bersedekah kepada nonmuslim yang membutuhkan, seperti korban bencana alam, korban peperangan, dan lain-lain.

Infak adalah memberikan sesuatu kepada orang lain untuk dipergunakan di jalan Allah Swt. Seperti untuk keperluan berjihad, membangun mesjid, madrasah, dan lain-lain.

Dasar hukum infak dan sedekah pada awalnya sama, yaitu sunah. Namun, dapat berubah menjadi wajib, makruh, mubah, dan haram sesuai dengan niatnya.

2. Hadits tentang Sedekah

Sedekah itu sangat penting. Selain dapat membantu meringankan beban sesama juga dapat menambah dan rezeki kita, seperti hadits berikut ini.

Contoh Ceramah Agama Islam tentang Sedekah

Berdasarkan hadits tersebut, dapat ditarik suatu kesimpulan, bahwa sedekah dapat menambah rezeki dan memanjangkan umur kita. Oleh karena itu, tidak salah jika sekarang banyak ustadz yang berceramah dengan mengangkat topik tentang sedekah.

Bahkan Ippho Santosa dan Ustadz Yusuf Mansur mendulang rezeki lewat buku yang mengupas tentang hikmah bersedekah. Buku-buku tersebut menjadi salah satu cara dan contoh ceramah agama Islam tentang sedekah.

Ceramah-ceramah yang berkenaan sedekah ini tentunya sedikit banyak dapat menambah pengetahuan kkta mengenai makna sedekah dalam agama Islam khususnya.

Tidak perlu diragukan lagi, hikmah dari sedekah yang dilakukan in dapat menjadi bekal amal yang akan dipetik di akhirat kelak. Bahkan, sedekah ini menjadi sebuah perintah khusus yang langsung dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Demikianlah pembahasan mengenai ceramah sedekah yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Contoh Dakwah dalam Keseharian
Sebelumnya: Contoh Benda Beserta Keterangannya dalam Pesawat Sederhana
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar