Menebarkan Manfaat Cerita Anak-Anak yang Menarik


Cerita anak-anak yang menarik dapat dimanfaatkan sebagai media belajar bagi si buah hati di rumah. Pendidikan dalam rumah sangat penting guna menunjang perkembangan intelektual dan emosional anak. Bahkan bisa dikatakan, pendidikan dari orang tua memegang peranan terpenting menentukan karakter kepribadian anak pada usia dewasanya.

Mendidik anak berbeda dengan menceramahi orang dewasa. Bila berbicara pada seseorang yang telah remaja cukup dengan menjelaskan sesuatu lewat bahasan logika dan ilmiah. Tetapi mengajari anak kecil butuh metode khas, yang menekankan pada kesenangan belajar dan menjaga minat mereka akan penyampaian dari orang tua. Salah satu melalui penyampaian cerita anak.

Cerita anak yang dibaca orang tua pada asuhannya, dapat mendorong kecerdasan intelektual dan emosional anak dengan cepat. Tentu saja harus dipilih cerita anak yang memuat kandungan positif. Lebih lanjut tak hanya menekankan pada asyiknya cerita saja, tetapi diiringi penyampaian moral dan budi pekerti yang baik.

Kisah dan hikayat berasal dari peradaban tanah air banyak yang memuat tentang kandungan moral bagi para pembaca atau pendengarnya. Sebut saja cerita bawang merah putih, cerita timun mas, dan sebagainya. Sebelum membacakan cerita tersebut pada anak, sebaiknya orang tua terlebih dahulu memahami cerita dengan membacanya dengan tuntas. Karena terkadang cerita yang dituliskan mengalami pengubahan dari para penulis buku.

Setelah itu bacakanlah cerita itu pada anak di waktu yang tepat dan nyaman. Semisal sewaktu mereka akan tidur malam, sewaktu bersantai-santai dalam rumah. Atau momen lainnya yang dipandang anak bisa fokus mendengarkan bacaan ibu atau bapaknya.

Alangkah baiknya juga mencari cerita mengisahkan tentang para tokoh dunia yang banyak berjasa bagi kehidupan manusia. Ataupun sejarah para pahlawan dalam agama dan bangsa di tanah air. Dari kisah tersebut akan menguatkan niat anak menjadi orang yang besar dan banyak berjasa bagi masyarakat.

Mencari cerita atau kisah yang sesuai dengan umur anak dapat melalui buku di perpustakaan kota, majalah anak-anak, buku ataupun melalui internet. Sekian tulisan cerita anak-anak yang menarik, semoga buah hati Anda kelak menjadi pribadi yang kuat dan mulia.

Selanjutnya : Cara Membungkus Lamaran Pernikahan
Sebelumnya: Kumpulan Resep Mie Goreng
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar