Manfaat Cerita Anak Soleh


Cerita anak soleh merupakan salah satu pilihan yang sesuai disampaikan sebagai pengantar tidur bagi anak. Biasanya, seorang anak akan lebih mudah tertidur bila diiringi dengan dongeng-dongeng yang diceritakan oleh orang tua atau pengasuhnya.

Cerita-cerita yang disampaikan tersebut, biasanya merupakan cerita yang penuh dengan makna. Di dalam cerita itu, terselip pesan-pesan moral tentang kebaikan yang harus dilakukan. Juga disebutkan, apa yang akan terjadi pada seseorang, yang dalam hidupnya tidak pernah berbuat kebaikan kepada sesamanya.

Untuk keluarga muslim, kisah-kisah yang berhubungan dengan agama menjadi salah satu pilihan dalam mencari tema dongeng pengantar tidur bagi anak-anak mereka. Kisah yang dipilih pun cukup beragam. Mulai dari kepahlawanan para sahabat Nabi, kisah tentang perjuangan Nabi Muhammad dalam menegakkan ajaran Islam. Atau cerita mengenai mukjizat para Nabi dan Rasul, biasanya cukup mampu menarik perhatian anak-anak hingga mereka terlelap.

Tema lain yang lebih ringan pun tidak ada salahnya untuk dipilih. Misalnya cerita tentang kisah anak berusia belasan tahun yang sudah hafal Al Qur’an. Atau pula tentang kisah anak yang rajin beribadah, sehingga memperoleh pertolongan dari Allah atas semua masalah yang dihadapinya.

Bagi orang tua yang tidak memiliki kemampuan bercerita atau mencari tema, tidak perlu berkecil hati. Karena pada saat ini banyak media yang bisa digunakan dalam mendapatkan ide cerita tentang anak yang sholeh tersebut. Misalnya melalui buku-buku cerita keagamaan atau juga dengan mengunduh di internet.

Dengan memberikan cerita anak soleh kepada buah hati kita, secara tidak langsung para orang tua sudah melakukan pendidikan moral kepada generasi penerus tersebut. Hal ini biasanya cenderung lebih efektif daripada kita harus memberikan nasihat secara langsung.

Dengan nasihat yang dikemas dalam sebuah cerita atau dongeng, akan lebih mudah melekat dalam ingatan anak-anak. sehingga pada nantinya mereka lebih mampu untuk mengaplikasikan pesan yang terdapat dalam cerita tersebut pada kehidupan sehari-hari.

Bagi orang tua, cara anak soleh ini bisa pula digunakan sebagai media untuk mempererat hubungan batin antara orang tua dan anak. Meski nampak sepele, kebiasan bercerita menjelang anak tidur, akan mampu memberikan ketenangan anak ketika mereka beristirahat. Sebab, anak akan merasa nyaman karena ketika mereka tidur, orang yang mereka kasihi bersedia menemani hingga terlelap.

Selanjutnya : Kata Bijak untuk Menggapai Tujuan yang Diinginkan
Sebelumnya: Cara Melatih Suara Falset
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar