Kisah Cerita Dongeng Kancil dan Gajah


Cerita dongeng kancil dan gajah, merupakan salah satu cerita fabel yang banyak terdengar dalam cerita rakyat Indonesia. Kancil merupakan binatang yang dikisahkan memiliki kecerdikan luar biasa. Banyak binatang yang sering tertipu oleh kelicikan akal kancil tersebut.

Itulah mengapa, meski bukan termasuk binatang buas seperti harimau namun banyak binatang yang takut untuk berurusan dengan kancil. Sebab mereka khawatir bila nantinya menjadi korban kelicikan binatang bertubuh kecil dan lincah tersebut.

Salah satu binatang yang pernah menjadi korban kecerdikan kancil adalah gajah. Hal ini terjadi ketika kancil terperosok ke dalam sebuah sumur yang sangat dalam dan tidak bisa keluar dari sumur tersebut. berbagai usaha dilakukan untuk keluar dari sumur tersebut namun selalu gagal.

Beberapa binatang ada yang mengetahui peristiwa tersebut. Namun tidak ada satu binatangpun yang mau menolong kancil keluar dari sumur tersebut. Bahkan keledai yang mengetahui kancil ada di dalam sumur justru menertawakan nasibnya. Selama seminggu, kancil terjebak di dalam sumur tanpa bisa berbuat apa-apa.

Barulah setelah tujuh hari, ada sekawanan gajah datang ke sumur tersebut untuk mencari minum. Mendengar suara gajah, kancil yang mulai putus asa, kembali berharap bisa keluar dari sumur tersebut. Saat gajah itu melongok ke dalam sumur untuk melihat apakah ada air, saat itu pulalah kancil berteriak memanggil gajah dan merayunya.

Dikatakan oleh kancil, bahwa dirinya berada di bawah sumur tersebut untuk membantu gajah mendapatkan air untuk minum. Gajah yang memang butuh air, langsung percaya dengan apa yang dikatakan oleh kancil. Dicarilah tempat yang bisa digunakan untuk menimba air tersebut. Setelah ketemu, maka kancil segera mengisi tempat air untuk digunakan gajah minum dan mandi.

Ketika gajah-gajah sudah selesai mandi dan minum, kancil segera meminta gajah-gajah tersebut untuk mengangkatnya ke atas. Atas dasar hutang budi, gajah mengangkat kancil ke atas dan memberikannya beberapa daun segar. Hal ini karena kancil terlihat lelah dan lemas karena berhari-hari di dalam sumur tersebut.

Dari cerita dongeng kancil dan gajah ini, ada sebuah hikmah yang terselip. Bahwa dalam kondisi apapun, manusia harus selalu sabar menghadapi keadaan. Selain itu, pada saat situasi sulit, manusia harus mengedepankan pikiran jernih sehingga bisa mendapatkan solusi untuk keluar dari masalah.

Selanjutnya : Kata Harapan untuk Suami agar Penuh Kasih Sayang
Sebelumnya: Kata Guyon Lucu pada Stiker Sepeda Motor
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar