Cerita Dongeng Princess dari Dalam dan Luar Negeri


Cerita dongeng Princess adalah salah satu dongeng yang menceritakan tentang kisah seorang putri. Dongeng sendiri merupakan sebuah cerita fiktif, karangan kisah yang tidak pernah terjadi di dunia nyata. Dongeng juga dibuat dengan daya imajinasi yang seringkali tidak masuk akal. Selain menceritakan kisah seorang putri, dongeng juga menceritakan tentang kesatria, raja dengan segala keajaiban serta kesaktian yang dimiliki.

Dongeng Princess

Pada umumnya, cerita dongeng princess sangat disukai oleh anak-anak. Putri yang cantik, pangeran yang tampan, kereta kuda, kebaikan mengalahkan kejahatan, adalah bagian dongeng yang menarik. Tidak hanya anak-anak, para remaja dan dewasa seringkali juga masih sangat menyukai dongeng princess.

Kumpulan cerita dongeng princess bisa didapatkan di dalam buku-buku cerita. Pada umumnya cerita ini sering menjadi cerita pengantar tidur anak-anak atau sarana bacaan keluarga saat bersantai. Dongeng bisa menjadi sebuah hiburan dengan alur cerita yang ada di dalamnya.

Dongeng juga mengandung pesan moral yang akan tersampaikan melalui alur cerita dan watak setiap tokoh yang diperankan. Oleh karena itu, menceritakan dongeng kepada anak juga harus dengan penekanan nilai-nilai positif yang bisa ditiru oleh anak.

Cerita Dongeng

Seiring dengan perkembangan zaman, cerita dongeng yang ada di dalam buku-buku cerita dongeng princess diangkat ke dalam film animasi. Anak-anak dan remaja sangat menggemari kisah dongeng princess ini. Daya tarik keromantisan seorang putri dan pangeran di dalam cerita, kebahagiaan dan kehidupan yang menyenangkan di dalam kerajaan, menjadi salah satu bagian alur cerita yang paling diminati.

Ada banyak versi cerita dongeng princess yang ada, mulai dari jenis dongeng yang disadur dari luar negeri hingga cerita dongeng dalam negeri. Sebut saja dongeng Putri Salju, dongeng Cinderella, dongeng Princess Belle, dan Putri Duyung merupakan dongeng princess yang berasal dari luara negeri. Sementara itu, dongeng putri asli Indonesia di antaranya adalah kisah Putri Roro Jonggrang, Putri Mandalika dari Nusa Tenggara Barat, Putri Tandampalik dari Sulawesi, dan lain sebagainya.

Jenis cerita dongeng princess yang banyak dikenal di masyarakat sekarang ini justru cerita dongeng dari luar negeri yang seringkali difilmkan. Media televisi merupakan media pengenalan karya yang sangat cepat ke seluruh lapisan masyarakat. Dongen luar negeri mampu tampil elegan dan menarik ketika muncul di layar kaca.

Berbeda dengan cerita dongeng dari dalam negeri, dunia perfilman kita belum mampu menjadikan kisah dongeng princess nusantara agar mampu menyedot perhatian anak-anak dan masyarakat luas. Padahal melalui dongeng nusantara, kita bisa mengenalkan budaya dan menjaga kelestariannya. Ini merupakan salah satu tantangan bangsa yang harus segera dicapai agar bangsa kita bisa dikenal oleh rakyatnya sendiri.

Selanjutnya : Keistimewaan Kapal Selam
Sebelumnya: Makalah Alat Peringatan Gempa Dan Tsunami Modern dan Tradisional
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar