Cerita Kerajaan Kediri dan Raja-rajanya yang Terkenal

Kerajaan Kediri merupakan sebuah kerajaan besar di Jawa Timur yang berdiri pada abad ke-12. Kerajaan Kediri adalah bagian dari Kerajaan Mataram Kuno. Cerita kerajaan Kediri bermula saat Airlangga mengundurkan diri sebagai raja pada 1041. Untuk menghindari perebutan tahta, Kahuripan lalu dibagi menjadi dua, yaitu Kerajaan Kediri yang diperintah oleh Jayawarsa dan Kerajaan Jenggala yang dipimpin oleh Jayengrana. Ibukota Kerajaan Kediri bertempat di Daha yang lokasinya berada di daerah aliran Sungai Brantas.

Kerajaan Kediri berkembang pesat melebihi Jenggala yang beribukota di Kahuripan. Salah satu penyebabnya adalah kemampuan raja-raja Kediri dalam mengalihkan pusat perdagangan internasional ke wilayah kekuasaaan Kediri, yang semua dari pelabuhan Hujung Galuh di Kahuripan ke pelabuhan Canggu di Kediri. Tak hanya perdagangan yang berkembang, Kerajaan Kediri pun berhasil meningkatkan bidang pertanian.

Loading...

Raja Kameswara

Setelah raja Jayawarsa mangkat, raja terkenal kedua dari cerita Kerajaan Kediri adalah Kameswara yang memerintah antara tahun 1182 hingga 1185. Salah satu prestasi dari Kameswara adalah pengembangan kesusastraan. Pada periode ini, banyak karya sastra yang berhasil dibuat, di antaranya “Smaradhana” karya Mpu Dharmaja. Pada masa ini juga berkembang cerita yang sampai sekarang terkenal, yaitu cerita Panji.

Cerita Panji mengisahkan lika-liku asmara antara tokoh Panji Inu Kerta Wanengpati yang juga dikenal dengan nama Panji Asmarabangun dengan sang istri yang bernama Galuh Candrakirana atau Dewi Sekartaji. Cerita Panji sangat menarik karena memiliki alur yang berliku. Selain itu, melibatkan berbagai tokoh dan membentuk seri cerita yang panjang. Daya tarik cerita yang sangat tinggi mengilhami berbagai kesenian yang hingga kini masih ada seperti ketoprak dan wayang beber.

Raja-raja Kediri

Raja Kerajaan Kediri ketiga adalah Jayabaya yang bergelar Shri Maharaja Shri Kroncarryadipa Handbhuwanapalaka Parakramanindita Digjayotunggadewanama Shri Gandra. Di bawah pemerintahannya, Kediri mencapai kejayaan luar biasa. Keahlian Jayabaya sebagai pemimpin politik dan juga termasyhur dengan ramalannya. Ramalan-ramalan Jayabaya dikumpulkan dalam satu kitab yang bernama “Jongko Joyoboyo”.

Selanjutnya, raja yang berkuasa setelah Jayabaya mangkat adalah Prabu Sarwaswera. Ia adalah raja yang taat beragama dan berbudaya. Raja berikutnya yang memimpin Kerajaan Kediri adalah Prabu Kroncharyadipa, Srengga Kertajaya, dan Raja Kertajaya yang merupakan raja terakhir Kerajaan Kediri. Semua raja-raja yang pernah berkuasa menjalankan pemerintahan dengan adil dan bijaksana bagi semua rakyat Kediri.

Demikian penjelasan singkat cerita Kerajaan Kediri yang pernah berdiri di Indonesia.

Loading...
Selanjutnya : Mengetahui Kode Panggilan Telepon ke Singapura
Sebelumnya: Pachypodium – Flora Beriklim Kering dari Madagaskar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar