Cerita Lucu Ala Stand Up Comedy


Stand Up Comedy saat ini menjadi tren yang populer di kalangan anak muda Indonesia. Padahal zaman dahulu di Amerika sendiri sudah banyak para komik terkenal yang juga memiliki TV Show sendiri, contohnya adalah Seinfeld dan Ellen. Pada intinya, cerita lucu ala stand up comedy berisi kritikan sosial yang dibuat menjadi bahan bercandaan.

Stand Up Comedy

Tak jarang pula mereka menjadikan dirinya sendiri sebagai obyek tertawaan, tetapi tetap dengan cara yang cerdas. Bukan sekedar gaya slapstick konyol. Memahami lelucon pada stand up comedy memang membutuhkan selera humor yang cerdas.

Beberapa motor dari tren stand up comedy di Indonesia diantaranya adalah Panji Pragiwaksono dan Raditya Dika. Selain sebagai pemrakarsa, mereka pun menjadi pengisi acara dalam program kompetisi pencarian komik berbakat di Stand Up Comedy Indonesia. Program tersebut diadakan oleh salah satu stasiun televisi lokasl baru, yaitu Kompas TV.

Cerita lucu yang dibawakan oleh para komik lebih otentik, tidak asal jiplak dari lawakan lama yang sudah sering beredar di internet. Salah satu jagoannya adalah Ari Kriting, asal Indonesia bagian Timur. Joke atau bahan bercandaan yang dibawa sering kali berupa kritikan mengenai fakta yang ada di Indonesia, mengenai kurang adilnya perlakuan terhadap masyarakat timur.

Cara Ari Kriting membawakan cerita lucu ala stand up comedy begitu menggelitik. Sarat dengan logat timur yang kental, dengan tampang polos menceritakan betapa mereka masih lugu terhadap pembangunan. Pernah dalam salah satu bahannya Ari bercerita mengenai bagaimana orang timur berekreasi.

Ketika ada jalanan baru yang diaspal, mereka menjadikan itu tempat piknik dan wisata, dengan sebutan tempat itu adalah jalan baru. Atau ketika mengusung tema hari Kartini, bagaimana seandainya Christina Martatiahahu bisa mencurahkan isi hati di hari Kartini.

Mengapa sebagai pahlawan wanita dari wilayah timur, yang benar-benar berjuang angkat senjata, namanya tidak dijadikan perayaan hari nasional. Tetapi mengapa seseorang yang hanya bisa curhat melalui surat begitu dikenang dan namanya dijadikan perayaan khusus. Tentu saja ini hanya sekedar bahan bercandaan ala stand up comedy, tidak bertujuan untuk menyinggung pihak tertentu.

Selanjutnya : Cerita Melayu Klasik Beserta Unsur-unsurnya
Sebelumnya: Proses Pembelian Tanah yang Aman
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar