Cerita Lucu dari Stand Up Comedy


Siapa  yang tidak mengenal Stand Up Comedy? Acara hiburan yang mengocok perut karena si  tokoh bermonolog cerita lucu. Lawak adalah salah satu hiburan yang bisa membantu kita melepaskan kepenatan usai bekerja. Cerita lucu dari Stand Up Comedy selalu bisa menghibur penontonnya.

Banyak orang yang lebih memilh menonton acara lawak ketimbang berita atau  talkshow di televisi yang membosankan. Stand Up Comedy adalah salah satu acara yang bisa menjadi pelepas stres. Komedi yang hanya dibawakan oleh satu orang ini mulai dikenal dalam lima tahun terakhir. Di kampus-kampus juga ngetrend  acara serupa. Pesertanya jelas para mahasiswa yang punya bakat melucu.

Mengenal Stand Up Comedy  

Stand Up Comedy bisa dikategorikan sebagai komedi cerdas. Alasannya karena para Stand Up Comedyains atau Comic harus mengemas cerita yang mereka suguhkan seapik mungkin. Mereka tidak asal membanyol di atas panggung. Biasanya, mereka membaca isu-isu terkini untuk mejadi bahan di atas panggung.

Comic berusaha mencari celah dari bahan bacaan, ilmiah, dan kemudian mengemas isu menjadi sesuatu yang lucu dan menghibur. Berbeda dengan komedi lainnya, materi yang disampaikan para Comic biasanya hal-hal yang terjadi di sekitar atau pengalaman pribadinya. Tetapi, setiap orang punya penilaian sendiri terhadap Stand Up Comedy. Ada yang bilang kalau Stand Up Comedy itu lucu, garing, mengesalkan, dan sebagainya. Setiap orang tentunya punya pendapat masing-masing.

Cerita Singkat Ala Stand Up Comedy

Cerita yang ditampilkan para Comic biasanya tidak panjang. Tentu saja tujuannya agar pemirsa tdak bosan. Itu artinya, Comic harus benar-benar membuat cerita singkat dan menarik. Kelebihan dari Stand Up Comedy dibanding komedi lainnya adalah hiburan ini sekali selesai. Tidak ada pengulangan cerita, karena si Comic hanya sekali tampil dengan satu cerita.

Cerita atau joke pada dasarnya ada dua. Pertama, set up, yaitu pembukaan atau pengantar sebuah lawakan. Dari set-up, kemudian si Comic membawa masuk ke punch line. Di bagian kedua tersebut, Comic mencari celah yang bisa membuat set-up menjadi lebih hidup.

Ada baiknya, cerita Stand Up Comedy berangkat dari realita. Comic bisa mengkritik lewat banyolan dan celetukan yang spontan. Namun perlu diingat, Comic harus memahami betul kritikannya, jangan sampai keliru memaknai.

Setelah mendapatkan materi, Comic bisa menggali dan mengumpulkan informasi tambahan. Comic bisa juga menambahkan pendapat pribadinya tentang hal tersebut. Pada bagian ini, Comic harus bisa mengatur mana yang menjadi set up atau pengantar dan mana yang menjadi punch line.

Anda tertarik untuk menjadi The Next Comic? Silakan coba membuat cerita lucu dari Stand Up Comedy.

Selanjutnya : Biografi Mohammad Hatta
Sebelumnya: Cerita Lucu Gokil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar