Cerita Malam Puisi

Cerita malam puisi dapat kita tuangkan sebagai ungkapan perasaan hati kita. Apalagi kalau sedang merindukan seseorang, menuangkan perasaan dengan membuat sebuah puisi tentang cerita malam sangat tepat untuk mengusir rasa itu.

Menulis Puisi Bebas

Menulis puisi menjadi cara tepat untuk menuangkan perasaan yang ada dalam diri kita. Jangan takut untuk memulai menulis dan merangkaikan kalimat dalam puisi. Kita bebas menuliskan kata maupun kalimat yang ingin kita tulis. Tapi jika ingin menulis puisi yang menarik dan enak dibaca oleh orang lain, maka pemilihan kata sangatlah penting.

Dalam memulis puisi tidak banyak aturan yang mengikat jadi kita bebas menulisnya. Terkadang kita membaca sebuah puisi dengan berbagai susunan kalimat yang kita tidak mengerti arti dan hubungannya satu sama lain. Bahasa puisi memang tidak bisa diartikan secara sederhana, perlu untuk memahami dari sudut mana penulis puisi tersebut menuangkan perasaannya.

Langkah menulis puisi yang mudah, yaitu:

  • Tuangkan ide atau segera menulis jika mendapatkan ide agar tidak lupa lagi.
  • Bawalah selalu pulpen dan kertas kecil agar saat mendapatkan ide menulis puisi kita bisa langsung menuliskannya.
  • Pilihlah kata yang tepat untuk memulainya.
  • Kata atau bahasa untuk puisi bebas, tidak ada keharusan mengikuti kalimat sempurna jadi tuangkan saja semua yang ada di pikiran kita dalam tulisan.
  • Buatlah puisi dalam beberapa bagian yang terpisah jika ingin mengganti irama atau arti yang berbeda, sehingga pembaca akan merasakan jeda saat membaca dan mengerti arti dari bahasa yang kita tuliskan.
  • Banyak membaca berbagai macam puisi karya penulis lain agar kita mengetahui pemilihan kata yang baik dan enak untuk dibaca.
  • Jangan lupa untuk memberikan judul di setiap puisi yang kita tulis. Judulnya tidak perlu terlalu panjang, tapi cukup singkat dan juga menarik.

Puisi Tentang Cerita Malam

Cerita malam puisi ini dapat memberikan kita gambaran bagaimana menuangkan perasaan yang ada dalam diri kita. Berikut ini salah satu puisi tentang cerita malam:

Kesunyian
Tak pernah terlewat olehmu ketika bintang bertaburan
Walaupun dinginnya malam mungkin menjamah hatimu
Aku tahu rasa itu
Tak sebanding dengan terangnya bintang
Atau bekunya dingin malam
Walupun mungkin bukan rasa itu yang datang
Kelamnya malam menjadi teman hatimu
Membisikkan rasa rindu yang tak terbalas
Aku tahu, kamu menunggunya
Selamanya…

Nah, semoga cerita malam puisi ini dapat menggugah perasan di kala kita mengingat seseorang yang jauh di sana. Menulislah dari hati agar puisi yang kita tulis memiliki rasa dan disukai pembaca.

Selanjutnya : Sedari Dini Mengenal Ciri Ciri Anak Pintar
Sebelumnya: Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini