Macam-macam Cerita Novel Sekolah


Sekolah bisa menjadi inspirasi seseorang untuk membuat cerita novel. Cerita novel sekolah bisa dibuat baik fiksi maupun non fiksi. Sementara itu berdasarkan genre-nya, Anda bisa mengambil genre romantis, horor, misteri, komedi, inspiratif, maupun yang bertema pendidikan itu sendiri seperti novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

Cerita Novel Sekolah

Dalam novel Laskar Pelangi yang sempat menjadi best seller dan kisahnya diangkat di layar lebar ini, menceritakan kehidupan sekolah yang sangat minim, di daerah pedalaman yakni SD Muhammadiyah Belitong, wilayah Sumatra. Pada awalnya sekolah ini terancam dibubarkan jika tidak mendapatkan murid minimal 10 orang.

Namun berkat dedikasi yang tinggi dari guru sekolah tersebut akhirnya mendapatkan 10 orang murid. Kesepuluh anak ini menyebut dirinya sebagai laskar Pelangi. Meski segalanya dalam keterbatasan, tetapi mereka tetap giat untuk menuntut ilmu di sekolah. Terbukti kemiskinan tidak menjadi penghalang untuk menimba ilmu.

Kesepuluh anak ini ternyata anak-anak yang jenius, sehingga dapat mengangkat sekolah dengan berbagai prestasi. Andrea Hirata mempunyai wawasan pengetahuan yang luas, terbukti ia mampu memasukkan  banyak cabang ilmu pengetahuan, yakni  astronomi, bioligi, kimia, fisika, dan ilmu sosial.

Pesan moral yang bisa kita ambil dari kisah Laskar Pelangi adalah jangan mudah menyerah oleh keadaan dan himpitan masalah, kekurangan bukanlah penghalang tetapi motivasi dan penyemangat untuk tetap maju. Tumbuhkan sikap optimisme, kembangkan diri agar tetap semangat untuk meraih cita-cita.

Sementara itu novel sekolah dengan genre romantis misalnya Summer In Seoul, Autumn In Paris, Winter In Tokyo, dan Spring In London karya Ilana Tan. Untuk tema horror, ada novel Dracula karya Bram Stoker sebagai contohnya. Dan Raditya Dika hadir dengan novel Mamut Merah Jambu yang ber-genre humor. Sementara itu tema novel inspiratif misalnya adalah novel Chairul Tanjung Si Anak Singkong.

Dan masih banyak lagi hal seputar sekolah yang bisa Anda gali lebih jauh sebagai inspirasi ide untuk cerita novel sekolah. Tampaknya tema novel dengan mengambil setting sekolah tidak akan pernah ada matinya, dan disukai oleh banyak pembaca mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Selanjutnya : Asyiknya Membuat Cerita Mengarang Kegiatan Liburan
Sebelumnya: Cerita Melayu Klasik Beserta Unsur-unsurnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar