Cerita Pengalaman Pribadi Tentang Liburan Sekolah ke Yogya


Berikut ini akan diuraikan contoh membuat cerita pengalaman pribadi tentang liburan sekolah. Ketika libur sekolah datang, tidak ketinggalan sebagian guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat cerita saat mengisi liburan. Tugas ini biasanya diberikan oleh guru kepada siswa SD ataupun SMP. Sementara itu untuk siswa SMA atau pun mahasiswa yang duduk di bangku kuliah, jarang mendapatkan tugas tersebut.

Berikut ini akan diberikan salah satu contoh cerita saat mengisi liburan sekolah yang diharapkan bisa bermanfaat bagi siswa SD ataupun SMP. Judulnya adalah Berkunjung ke Rumah Kakek di Yogyakarta.

Berkunjung ke Rumah Kakek di Yogyakarta

Pada tanggal 6 Juli 2013 saya sekeluarga pergi ke rumah kakek yang berada di Yogyakarta. Dari Jakarta, saya sekeluarga menggunakan transportasi kereta api. Saya sekeluarga berangkat pada sore hari dari stasiun Jatinegara dan sampai stasiun Tugu Yogyakarta pukul 5.00 wib keesokan harinya.

Dari stasiun Tugu, lantas saya sekeluarga harus naik taksi untuk menuju ke rumah kakek di daerah Kaliurang. Setelah menempuh kurang lebih 60 menit perjalanan, tidak terasa saya sekeluarga sudah sampai di rumah kakek. Udara yang sejuk menjadi kondisi yang selalu saya damba-dambakan.

Saya sekeluarga merencanakan hanya tiga hari berlibur di rumah kakek. Pendeknya waktu liburan dikarenakan ayah dan ibu harus bekerja. Namun meski hanya 3 hari, saya merasa senang berada di rumah kakek. Di hari pertama liburan, saya diajak kakek ke makam nenek. Setelah itu berjalan-jalan ke lereng Merapi yang tidak jauh dari rumah.

Di lereng Merapi saya melihat pemandangan yang indah dan memanjakan mata. Saya dan kakek juga sempat singgah ke bekas rumah Mbah Marijan di Desa Kinahrejo. Mbah Marijan adalah sosok yang sangat terkenal di sekitar lereng Merapi. Mbah Marijan harus meninggal dunia, karena terkena lahar panas di rumahnya sendiri.

Hari kedua dan ketiga saya habiskan untuk berjalan-jalan keliling kota Yogyakarta dengan kakek. Mulai dari kebun binatang Gembiroluko, Kraton, Parangtritis, hingga Malioboro. Tak terasa waktu liburan pun sudah habis, saya sekeluarga harus kembali ke Jakarta dengan kereta api keesokan harinya.

Demikian contoh membuat cerita pengalaman pribadi tentang liburan sekolah. Semoga bermanfaat bagi para pembaca, khususnya siswa sekolah yang mendapatkan tugas dari guru untuk membuat cerita selama liburan.

Selanjutnya : Sketsa Jalur Darat Masuknya Agama Hindu Budha di Indonesia
Sebelumnya: Menyikapi Masalah Masalah Sosial di Kota Besar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar