Keistimewaan Cerita Rakyat dengan Percakapan


Kekuatan pada cerita rakyat tentulah pada ceritanya yang memang diwariskan turun temurun. Dari generasi ke generasi tak putus menjadi bahan dongeng. Apalagi ketika cerita itu berkaitan dengan legenda sebuah tempat yang juga hingga saat itu masih ada dan terkenal. Namun cerita itu hanya akan menjadi cerita yag datar jika bukanlah cerita rakyat dengan percakapan.

Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan adanya percakapan dalam cerita rakyat. Keuntungan ini tidak hanya dirasakan oleh pencerita tapi juga oleh orang yang mendengarkan cerita tersebut. Membuat kedua pihak dapat sama-sama menikmati peran mereka sebagai pencerita dan pendengar cerita.

Keistimewaan dari Sisi Cerita

Cerita rakyat dengan percakapan dari para tokoh dalam cerita rakyat membuat cerita menjadi lebih hidup. Alasan utamanya karena bercerita bukanlah sekedar membaca teks yang datar namun bisa bermain intonasi. Selain itu cerita bisa lebih diperluas dengan penggunaan bahasa-bahasa yang sering digunakan sehingga cerita rakyat menjadi tidak kaku.

Selain itu cerita bisa menjadi lebih menarik dengan adanya percakapan. Pendengar bisa diajak untuk berperan dalam cerita itu. Dengan begitu proses bercerita pada beberapa plot bisa berjalan dua arah. Dengan melibatkan pendengar maka pendengar tidak akan bosan dengan cerita rakyat yang dituturkan.

Keistimewaan dari Pencerita dan Pendengar

Percakapan-percakapan yang muncul antara toko-tokoh cerita membuat cerita rakyat menjadi mudah diingat. Untuk mengingatnya mereka bisa mengingat bagaimana ketika percakapan demi percakapan antar tokoh itu berlangsung. Hal itu terbukti lebih mudah dibandingkan mengingat dan menghafal teks tertulis.

Cerita rakyat yang terkadang sukar untuk dipahami dengan adanya percakapan bisa menjadi mudah dipahami. Dengan begitu pendengar mudah menangkap isi dari cerita itu. Tidak hanya sekedar mendengar tapi juga mengerti bagaimana kisah tersebut.

Nantinya mereka juga dapat menjadi pencerita yang baik untuk bercerita pada yang lainnya. Tentunya dengan cerita rakyat versinya sendiri tanpa mengurangi makna dan benang merah cerita.

Belajar dengan cerita adalah cara yang paling mudah terutama pada anak-anak. Ketertarikan mereka pada cerita rakyat dengan percakapan akan membuat mereka memahami isi cerita dan menerima pesan dalam cerita.

Mereka dapat belajar dari sebuah kisah yang merupakan cerita rakyat. Nilai-nilai moral tentu akan mudah meresap pada diri mereka. Sehingga kisah tersebut bisa menjadi sebuah pembelajaran akan hidup bukan sekadar cerita rakyat biasa.

Demikianlah ulasan singkat tentang cerita rakyat. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kerjasama Indonesia dengan Negara Maju
Sebelumnya: Mengapa setiap Tahunnya Orang Wajib Membayar Pajak Progresif
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar