Cerita Rakyat Tentang Mensyukuri Hidup

Cerita rakyat tentang mensyukuri hidup, misalnya cerita yang berjudul Si Tukang Batu. Dikisahkan bahwa si tukang batu yang merasa sangat lelah berharap menjadi batu saja. Ia pun menjadi batu. Ia senang sekali karena merasa sangat kuat. Tiba-tiba hujan pun turun. Batu itu terhanyut. Si tukang batu berpikir ingin menjadi air yang mengalir. Tapi ia pun merasa tidak puas. Hingga akhirnya ia menyadari bahwa menjadi dirinya sendiri itu lebih nikmat.

Tentang Keserakahan

Loading...

Cerita rakyat tentang mensyukuri hidup sering juga dikaitkan dengan sifat serakah. Contohnya terdapat dalam cerita rakyat dari Riau yang berjudul Suak Air Mengubuk. Dalam cerita itu digambarkan bagaimana kehidupan seseorang yang sangat miskin. Ia merasa sangat sedih dalam kemiskinannya.

Suatu saat ia pun bermimpi. Dalam mimpinya ia diminta untuk pergi ke sungai. Ia pun pergi ke sungai. Di tengah sungai ia mendengar suara memintanya untuk terjun ke sungai. Di dalam sungai itu ia melihat sebuah rantai yang cukup panjang. Itulah rantai emas. Si miskin begitu senang melihatnya. Sebenarnya ia telah mendengat suara bahwa ketika ia sudah mendapatkan rantai beberapa panjang, hendaknya ia menghentikan aksinya.

Tapi si miskin tidak mengindahkan kata-kata itu. Yang terjadi adalah ia kehilangan rantai itu. Si miskin terbangun dan merasa sangat menyesal. Dalam mimpi saja serakah apalagi dalam kehidupan nyata. Ini adalah satu gambaran bahwa sangat mungkin orang miskin yang terlihat lugu itu pun nyatanya sangat serakah.

Padahal ketika manusia mau bersyukur, ia akan mendapatkan nikmat lebih banyak. Tidak banyak manusia yang bisa menghayati makna bersyukur. Ragam keluhan sering terdengar. Manusia ingin hidup bermewah. Manusia mungkin tidak menyadari bahwa kehidupan berlimpah harta itu belum tentu baik baginya.

Nenek yang Baik Hati

Kisah seorang nenek yang memberi makan seekor burung yang sedang sakit bisa menjadi pelajaran. Setelah sehat si burung pun membalas kebaikan sang nenek. Ternyata ada tetangga sang nenek yang iri. Ia pun ingin menjadi kaya seperti si nenek. Tetapi ia tidak mendapatkannya.

Cerita rakyat tentang mensyukuri hidup itu memberikan pelajaran agar tidak merasa iri dengan kehidupan orang lain. Nikmati saja yang sudah menjadi bagian masing-masing. Sifat serakah hanya akan menyesatkan. Sifat ini akan membuat orang melakukan perbuatan yang akan disesalinya. Tidak ada hal baik kalau serakah terhadap dunia.

Loading...
Selanjutnya : Mengetahui Beberapa Contoh Nilai yang Berlaku di Perusahaan
Sebelumnya: Pijat Refleksi: Melihat Penyakit Melalui Titik Syaraf Kaki atau Tangan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar