Cerita Romeo dan Juliet – Bukan Kisah Cinta Sejati


Cerita Romeo dan Juliet begitu terkenal. Orang mengira bahwa inilah kisah cinta sejati. Mereka benar-benar tidak terpisahkan dan rela mati demi cinta.

Tentu saja kisah ini bukan cerminan dari cinta sejati. Cerita yang berasal dari daratan Eropa ini menjadi rujukan banyak cerita cinta lainnya.

Disatukan dalam Perselisihan

Romeo dan Juliet dikisahkan berasal dari keluarga yang saling bermusuhan. Hubungan mereka yang murni masalah hati akhirnya harus berakhir karena pertentangan demi pertentangan yang mereka dapatkan dari keluarganya masing-masing.

Atas nama harga diri, kedua keluarga menolak untuk merestui keduanya. Akhirnya mereka pun memutuskan untuk mengakhiri hidup mereka demi kesucian cinta.

Berbagai versi kisah Romeo dan Juliet memperlihatkan betapa pendeknya pikiran mereka. Cinta yang seharusnya menguatkan itu harus berakhir dengan kematian yang tidak bermakna.

Walaupun akhirnya kedua keluarga menjadi sadar atas kesalahan mereka, tetap saja kematian dengan cara bunuh diri itu bukan solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Akan sangat merugikan banyak jiwa yang belum siap ketika kisah ini terus-menerus disiarkan tanpa adanya filter tentang bagaimana seharusnya memandang cinta yang sejati.

Romansa Cinta yang Salah

Apa yang tergambar dalam kisah Romeo dan Juliet ini terkadang menjadi semangat bagi para anak muda dalam memadu kasih. Ada diantara mereka mengambil jalan pintas melakukan hubungan suami istri agar sang wanita hamil. Lalu dengan terpaksa mereka akan dinikahkan.

Inilah jalan kisah cinta yang salah itu. Ketika dua insan saling mencintai, seharusnya mereka saling menguatkan untuk berjalan ditatanan yang suci sebagai pengikat cinta. Bukan malah dengan melakukan dosa yang akan mengikis cinta yang salah itu.

Berdua mereka akan berusaha menjaga kesucian cinta itu hingga waktu peresmian yang akan membuat cinta itu menjadi halal. Ada baiknya cerita tentang Romeo dan Juliet ini tidak lagi menjadi sumber romentisme cinta. Ada banyak kisah cinta lain yang lebih baik yang bisa dijadikan rujukan.

Orangtua dan para guru harus mengingatkan anak-anak yang berada dalam bimbingan mereka bahwa cerita Romeo dan Juliet bukan cerita cinta sejati. Itulah kisah cinta yang saling mematikan dan tidak berpikir mencari solusi atas masalah yang ada.

Selanjutnya : Perkembangan Senam Aerobik Indonesia
Sebelumnya: Sekolah Tinggi Seni di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar