Awal Kisah Cerita Rumah Kentang


Cerita rumah kentang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Hal ini bisa jadi dikarenakan boomingnya film rumah kentang di jagad perfilman Indonesia. Namun, bisa jadi keangkeran rumah kentang ini memang sudah membahana di Indonesia. Pertanyaan yang muncul selanjutnya, pernahkah kita tahu sejarah atau awal kisah rumah kentang?

Cerita tentang rumah kentang bukanlah sebuah cerita tentang bagaimana bentuk rumah kentang. Namun, cerita ini berawal dari sebuah rumah yang terletak di jalan Dharmawangsa, Ciputat, Jakarta Selatan. Pada siang hari, rumah ini tidak berbeda dengan rumah- rumah pada umumnya. Namun, jika malam telah tiba, aura mistis mulai muncul dari rumah ini seperti aroma kentang rebus atau suara tangisan anak kecil.

Rumah kentang ini memang angker. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kesaksian beberapa korban.  Menurut Agip, seorang penjual rokok di kios depan lokasi rumah kentang mengatakan bahwa ketika malam tiba, dia sering sekali mencium aroma kentang rebus dari rumah tersebut. Ki Kusumo, salah satu pemeran film rumah kentang, juga berpendapat sama. Menurutnya, rumah kentang ini sangat angker, bahkan penghuninya merasa terusik dengan adanya pembuatan film.

Ada dua versi tentang sejarah lahirnya rumah kentang ini. Versi pertama mengatakan bahwa rumah kentang ini berasal dari perwujudan arwah gentayangan dari sebuah keluarga yang tinggal dalam rumah tersebut. Semua itu bermula dari kisah seorang anak kecil nakal yang dimasukksn ke dalam kuali kentang yang besar oleh seorang pembantu rumah tangganya. Kemudian dimutilasi dan dimakan dagingnya oleh satu keluarga tersebut. Sejak saat itulah sering tercium aroma kentang rebus dan suara tangisan anak kecil.

Versi kedua mengatakan bahwa aroma kentang rebus tersebut berasal dari genderuwo yang menghuni rumah tersebut. Para mahluk halus ini sesekali menunjukkan penampakan dirinya dengan sosok yang menyeramkan. Namun, kadang- kadang hanya memperdengarkan suara tangisan atau hanya menunjukkan aroma kentang rebus yang menyengat.

Salah satu pemeran utama dalam film ini adalah Shandy Aulia. Menurutnya, hawa angker dari rumah kentang ini cukup terasa. Banyak terjadi kejadian aneh. Salah satunya adalah seringnya lampu penerangan mati ketika syuting malam padahal ketika sore keadaan lampu baik- baik saja.

Demikianlah awal kisah cerita rumah kentang hingga menjadi sebuah film yang siap meramaikan industri film di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Aliran Lukisan Michelangelo di antara Aliran-aliran Seni Rupa Lainnya
Sebelumnya: Politik Indonesia - Ciri-ciri Umum dan Partai Politik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar