Pentingnya Cerita Seri Bergambar Anak Paud


Cerita seri bergambar anak Paud (pendidikan anak usia dini) merupakan alat bantu belajar yang dianggap efektif. Hal ini karena pada usia ini, anak-anak lebih peka terhadap pengaruh visual. Cerita bergambar merupakan media pembelajaran yang sangat dibutuhkan mengingat masa pendidikan pada usia dini lebih ditekankan pada belajar sambil bermain. Anak-anak yang pada dasarnya masih membutuhkan sarana bermain harus terpuaskan dengan keberadaan alat untuk bermain.

Alat Bermain untuk Anak

Alat bermain yang kita maksudkan salah satunya adalah buku cerita yang didalamnya terdapat gambar- gambar yang menarik. Mereka pasti sangat tertarik saat melihat buku yang penuh dengan gambar. Bagi anak-anak usia dini, gambar-gambar sangat menarik perhatian dan dapat menjadi alat belajar yang efektif. Sebab, anak-anak usia dini lebih peka dan gampang memahami gambar. Maksudnya, mereka lebih mudah mengenal gambar daripada simbol-simbol huruf yang mewakilinya. Ketika melihat sebuah gambar, maka anak dapat menyebutkan nama gambar tersebut dengan cepat. Simbol kata nanas lebih sulit dipahami anak usia dini dibandingkan sebuah gambar buah nanas. Oleh karena itu, anak usia dini semestinya lebih banyak diberi media pembelajaran yang dipenuhi dengan gambar-gambar menarik.

Kebutuhan materi pelajaran bagi proses pembelajaran anak-anak usia dini memang perlu mendapatkan fasilitas sebaik-baiknya. Kita tidak mungkin memaksa anak usia dini untuk menguasai simbol-simbol huruf kemudian merangkainya menjadi kata-kata. Usia dini merupakan masa bermain. Jika kita ingin mereka belajar, ajak mereka bermain yang sebenarnya juga merupakan kegiatan belajar bagi mereka. Gandenglah mereka unuk menghafal nama-nama buah, binatang atau apapun dengan cara menunjukkan gambar setiap makhluk atau benda tersebut. Dengan begitu, kita sudah mengajak mereka belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar.

Cerita seri bergambar anak Paud memang sangat dibutuhkan untuk menanamkan beberapa konsep dasar kepada anak didik. Oleh karena itulah, seyogyanya para orang tua dan pembuat kebijakan dunia pendidikan memahami bahwa anak-anak usia dini adalah anak yang lebih banyak membutuhkan bermain. Kondisikan mereka bermain agar mereka merasa nyaman pada saat melakukan kegiatan tersebut.

Selanjutnya : Kegiatan Industri Dengan Sifat Adsorpsi
Sebelumnya: Teknologi Industri Pertanian IPB, Program Studi Menjanjikan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar