Cerita Singkat tentang Pride and Prejudice


Novel karya Jane Austen berjudul Pride and Prejudice adalah novel klasik yang sangat terkenal di negara aslinya, Inggris. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tanggal 28 Januari 1813. Bagaimanacerita singkat tentang Pride and Prejudice?

Pride and Prejudice

Novel ini bercerita tentang kisah percintaan antara Elizabeth Bennet dan Fitzwilliam Darcy dengan yang penuh dengan liku-liku. Inilah cerita singkat tentang Pride and Prejudice. Mr. Bennet mempunyai 5 orang anak perempuan.

Sesuai peraturan yang berlaku, karena tidak mempunyai anak laki-laki, bila Mr. Bennet meninggal maka warisan seseorang akan jatuh pada saudara sepupunya, Mr. Collins. Rasa cemas itulah yang membuat Mr. Bennet dan istrinya berusaha keras agar anaknya mendapat suami laki-laki kaya.

Secara kebetulan, ada seorang laki-laki kaya yang pindah ke Netherland, dekat tempat tinggal mereka. Namanya Mr. Bingley. Mr. Bennet dan istrinya berusaha mendekati Mr. Bingley. Mereka akhirnya bisa bertemu di sebuah pesta dansa di Meryton. Mr. Bennet datang beserta istri dan kelima putrinya. Mr. Bingley datang bersama dua adik perempuan, kakak ipar, dan sahabatnya, Mr. Darcy.

Dalam pesta itu tampak tanda-tanda kalau Mr. Bingley tertarik pada Jane, putri pertama Mr. Bennet. Sementara, Mr. Darcy, saat diminta berdansa dengan Ellizabeth, putri kedua Mr. Bennet, membuang muka dan mengatakan bahwa Ellizabeth adalah gadis yang lumayan.

Suatu ketika Jane sakit demam karena kehujanan saat berkunjung ke rumah Mr. Bingley. Jane terpaksa harus tinggal di rumah yang disewa Mr. Bingley. Karena ingin merawat kakaknya, Ellizabeth dengan berjalan kaki datang menyusul. Dia tak peduli walau menjadi bahan cemoohan keluarga Mr. Bingley. Saat tinggal bersama itulah Mr. Darcy mulai sering memperhatikan dan mulai tertarik dengan Ellizabeth.

Sayang, suatu hari keluarga Bingley harus kembali ke London secara tiba-tiba. Ellizabeth berusaha keras agar bisa menemui Mr. Bingley demi kakaknya, Jane. Akhirnya Mr. Bangley mau datang dan melamar Jane. Cerita pun berakhir bahagia. Mr. Bangley menikahi Jane dan Mr. Darcy menikah dengan Ellizabeth. Keduanya menikah dan hidup bahagia.

Banyak yang mengatakan bahwa cerita dalam novel ini terlalu bertele-tele karena munculnya banyak tokoh pembantu dan konflik. Misalnya munculnya Mr. Collins yang ingin menikahi Ellizabeth agar harta warisan tidak berpindah tangan. Namun tak sedikit pula yang memuji novel ini. Bahkan akhirnya difilmkan pada tahun 2005 dengan judul yang sama Pride and Prejudice.

Selanjutnya : 7 Macam Tipe Letusan Gunung Berapi (Erupsi)
Sebelumnya: Cerita tentang Film Caligula 1979
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar