Cerita Tentang Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta Dengan Bahasa Jawa


Bila Anda berwisata ke Jawa Tengah, maka cerita tentang kebun binatang Gembira Loka Yogyakarta dengan bahasa Jawa akan sering kita dengar dari masyarakat setempat.

Bagaimana tidak, sebab sebagian besar masyarakat di Jawa Tengah masih ada membudayakan bahasa Jawa. Terutama di Kota Yogyakarta tempat berdirinya kebun binatang Gembira Loka itu sendiri.

Bagi yang yang tidak mengerti bahasa Jawa, mungkin cerita seru tentang kebun binatang ini tidak dapat dinikmati oleh indra pendengaran kira. Jangankan menikmati cerita tersebut, mengerti saja pun apa yang dikatakan masyarakat setempat pun tidak.

Padahal, cerita yang dituturkan masyarakat tentang kebun binatang ini biasanya tidak jauh-jauh dari sejarah kebun binatang tersebut berdiri. Selain itu, biasanya masyarakat setempat menceritakan apa saja yang dapat dilihat wisatawan di tempat itu.

Untuk mempermudah dan menambah informasi bagi Anda yang tidak mengarti bahasa Jawa, berikut disajikan cerita seputar sejarah kebun binatang Gembira Loka dalam versi bahasa Indonesia seperti berikut ini:

Kebun Binatang Gembira Loka didirikan berdasarkan inisiatif Sri Sultan Hamengkubowon VIII. Keinginan raja ini dirasakan olehnya pada tahun 1933 dan ditujukan sebagai tempat hiburan untuk keluarga besar raja dan masayarakat Yogyakarta.

Keinginan Sri Sultan Hamengkubowono VIII ini baru direalisasikan setelah mendapat bantuan dari Ir. Karsten yang merupakan arsitek perancang kebun binatang Gembira Loka.

Pendiriannya berjalan ketika penggantian Sri Sultan Hamengkubowono IX. Karena kebun binatang ini diprakarsai oleh seorang raja, maka kebun binatang ini awalnya dinamakan Kebun Rojo.

Kebun Rojo semakin mengalami pembaharuan ketika sebuah Yayasan Gembira ditunjuk untuk mengelola kebun binatang ini. Hingga pada akhirnya, nama kebun binatang ini ditukar sesuai dengan nama yayasan pengelolannya “Gembira Loka”.

Sampai saat ini kebun binatang Gembira Loka dilengkapi beragam fasilitas penunjang yang memadai. Beragam jenis binatang bisa ditemukan di dalamnya.

Untuk mempermudah pengunjung mengelilingi tempat tersebut, maka pengelola menyediakan kereta keliling yang dapat dimanfaatkan sebagi transportasi.

Demikian kiranya cerita tentang kebun binatang Gembira Loka Yogyakarta dengan bahasa Jawa yang sering dibicarakan oleh masyarakat setempat. Semoga mempermudah Anda semua ketika hendak mengunjungi kebun binatang tersebut.

Selanjutnya : Usaha Raja Mulawarman dalam Mengembangkan Kerajaan Kutai Martadipura
Sebelumnya: Tanda Kaki Dingin Pertanda Ajal?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar