Cerpen dalam Bahasa Sunda

Bahasa daerah adalah kekayaan daerah sekaligus merupakan kekayaan Nusantara. Bahasa daerah bisa digunakan untuk membuat suatu karya, misalnya saja cerpen dalam bahasa Sunda. Bahasa Sunda merupakan salah satu bahasa yang menjadi kekayaan Indonesia. Bahasa Sunda adalah bahasa yang dimiliki dan menjadi bagian dari Indonesia.

Orang yang mampu memahami dan berbicara dengan menggunakan Bahasa Sunda, bukan sembarang orang. Orang yang mampu berbicara Bahasa Sunda, biasanya adalah orang yang tinggal di Sunda atau orang keturunan Sunda.

Loading...

Bahasa Sunda sama seperti bahasa daerah lainnya. Daerah-daerah di Indonesia yang lain, juga mempunyai bahasa daerahnya masing-masing. Begitu pun dengan hasil karyanya orang Sunda seperti cerpen.

Cerpen yang dibuat dalam bahasa Sunda, sama halnya dengan cerpen yang dibuat dalam bahasa yang lain, misalnya saja bahasa Bali, bahasa Jawa, atau pun bahasa-bahasa lain yang merupakan ciri khas bahasa setempat.

Manfaat Cerpen Bahasa Sunda

Cerpen sendiri adalah suatu karya sastra. Cerpen atau juga cerita pendek jika dilihat dari bentuknya, maka cerpen lebih sederhana daripada novel. Cerpen juga bisa disebut dengan cerita yang hanya mempunyai sedikit tokoh dan alur yang pendek.

Cerpen dapat dibuat ke dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Sunda. Cerpen yang dibuat ke dalam bahasa Sunda tersebut, mempunyai banyak manfaat. Manfaat dari cerpen yang dibuat tersebut, diantaranya, untuk menumbuhkan jiwa peduli dengan bahasa daerah.

Bahasa nasional Indonesia, memang bahasa Indonesia, namun kita semua tidak boleh melupakan, jika Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika tersebut, mempunyai banyak sekali bahasa sebagai karakter jati diri bangsa. Bahasa-Bahasa tersebut adalah bahasa asli penduduk, yang merupakan ciri khas penduduk.

Menulis cerpen dalam bahasa Sunda, berarti sudah turut melestarikan bahasa daerah tersebut. Tak bisa dipungkiri, bahasa daerah posisinya semakin tersisih, kalah dengan bahasa nasional, bahkan bahasa asing. Orangtua tidak lagi senang mengajarkan bahasa daerah kepada anaknya.

Tempat Menemukan Cerpen Berbahasa Sunda

Cerpen dalam bahasa Sunda tidak dapat ditemui disembarang tempat. Cerpen bahasa Sunda, dapat dicari dalam rubrik cerpen yang khusus menggunakan bahasa Sunda. Media tersebut pun, termasuk media lokal, bukan media nasional, seperti halnya koran-koran lain, yang menggunakan bahasa Nasional.

Cerpen yang berbahasa Sunda, lebih sempit persebarannya, hanya dikalangan orang yang berbahasa Sunda saja. Hal tersebut bukan suatu masalah yang besar, jika ingin belajar bahasa sunda melalui cerpen. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Panduan Melukis dengan Cat Minyak pada Kanvas
Sebelumnya: Tips Memilih Komputer Murah Berkualitas Tinggi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar