Cara Menulis Cerpen Hewan


Cerpen hewan atau cerita fable banyak digemari anak-anak. Jenis cerita ini termasuk salah satu karya sastra lama. Sejak ratusan silam telah muncul budaya bertutur atau mendongeng dengan memakai lakon binatang dan itu sudah menjadi suatu kebiasaan yang terdengar ditelinga anak-anak.

Contoh fable tradisional yang legendaris adalah cerita kancil yang cerdik.  Dari segi fisik hewan ini sangat lemah, tapi berkat akalnya yang cerdik, dia berkali-kali berhasil lolos dari serangan raja rimba yang ingin memangsanya.

Cerita hewan ini merupakan media efektif menyampaikan pesan moral kepada anak-anak.  Karena anak-anak senang terhadap dunia fauna.

Tips Menulis Cerpen tentang Hewan

Dunia anak banyak memberi banyak inpirasi cerita.  Banyak penulis mantap menekuni tema-tema cerita anak dengan menuangkan ide-idenya dalam kisah cerita fable.

Sebenarnya semua orang bisa menulis cerita pendek anak ini. Bahkan ada baiknya seorang ibu kalau bisa menulis cerpen anak untuk didongengkan kepada buah hatinya.  Berikut ini sedikit tips menulis cerpen fable :

•    Pilih tema menarik.

Tema menjadi semacam nyawa dalam cerita. Tema ini yang nanti mengarahkan imajinasi anak.  Maka dari itu carilah inspirasi sesuai dengan fakta di keluarga Anda, misalnya salah satu anak anda malas makan sayur.

Gunakan fakta tersebut sebagai ilham cerpen. Insipirasi penulis dituangkan dalam cerita pendek, kemudian dikemas dengan bahasa ringan agar mudah dipahami anak.

•    Siapkan tokoh-tokoh lakon binatang

Sekali-kali jangan menggunakan tokoh kancil pada cerita anda. Pilih figure binatang lain yang lebih menarik. Misalnya burung kakak tua, sapi putih atau ikan mas. Jangan memakai binatang  aneh yang jarang dikenal anak, karena akan membingungkan imajinasinya nanti.

•    Susun plot cerita

Langkah selanjutnya tentukan plot cerita, agar nanti alur cerita  yang anda tulis tidak mengalir kemana-mana. Misalnya plot pertama narasi, kemudian plot kedua permasalahan, dan plot ketiga penyebab dan akibat.   Setelah plot sudah jadi, penulis tinggal mengembangkan pada masing-masing plot.

Agar lebih menarik ada baiknya penulis minta bantuan teman yang pandai menggambar, untuk membantu menggambar sejumlah ilustrasi hewan yang ada dalam cerita. Demikianlah tips ringkas tentang cara menulis cerpen hewan.

Selanjutnya : Cara Perawatan pada Power Supply
Sebelumnya: Cara Pembuatan Halaman Pengesahan dalam Laporan Penelitian
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar