Cerpen tentang Hewan Kucing


Cerpen tentang hewan kucing adalah kisah tentang kucing yang mengandung nilai-nilai moral yang bisa menjadi pembelajaran ataupun menghadirkan kelucuan yang menghibur bagi para pembacanya.

Makna hewan kucing dalam berbagai masyarakat di dunia memiliki arti lebih dari sekedar hewan peliharaan. Di Mesir misalnya kucing dianggap memiliki 9 nyawa dan dipuja sebagai titisan dewa. Mitos tentang kucing banyak dipercaya masyarakat misalnya harus menguburkan kucing yang mati tertabrak agar terhindar dari kesialan. Mitos kucing hitam sering diasosiasikan dengan kemalangan atau ilmu hitam.

Muezza kucing kesayangan Nabi Muhammad SAW adalah hewan piaraan yang hadir sebagai teman sejati dalam perkembangan Islam. Pesan Rasulullah SAW tentang kucing kepada para sahabatnya agar menyayangi kucing selayaknya menyayangi keluarga sendiri. Dalam HR Al-Bukhari dijelaskan bahwa hukuman menyakiti kucing, tidak memberinya makan, dan tidak melepasnya untuk mencari makan sendiri maka hukumannya sangat serius yaitu siksa api neraka. Kedudukan kucing dalam pandangan Islam sangat penting.

Cerita tentang hewan kucing dekat dengan anak-anak. Kartun doraemon tentang kucing dari masa depan sangat disukai hingga kini. Begitupun kartun Tom and Jerry yang menceritakan berbagai tingkah lucu dari permusuhan kucing dan tikus. Boneka kucing Hello Kitty juga disukai anak-anak perempuan. Cerpen hewan kucing juga banyak dijadikan tema di Majalah Bobo dan berbagai blog. Judul Cerpen tentang tucing diantaranya Cerita Sedih Si Induk Kucing, Hasan dan Kucing Hitam, Kucing yang Terlupakan. Buku kumpulan cerita pendek tentang kucing bisa diperoleh dengan mudah di toko buku, begitupun buku cara memelihara kucing yang pasti dibutuhkan oleh para pecinta kucing.

Dongeng tentang kucing dan beruang menceritakan tentang beruang yang minta diajari memanjat pohon oleh kucing. Sesampainya beruang diatas pohon, ia tidak bisa turun dan kucing meninggalkannya begitu saja. Beruang yang tidak tahu cara turun dari pohon, menyumpahi kucing dan berkata akan mengoyak tubuh kucing bahkan memakan kotorannya. Karena itulah, sampai sekarang kucing selalu menutup kembali lubang tempat ia membuang kotorannya di tanah agar tidak dimakan beruang dan beruang turun dari pohon dengan cara memerosotkan tubuhnya sambil memeluk pohon.

Cerpen tentang hewan kucing bisa menjadi salah satu dongeng pengantar tidur bagi putra-putri anda. Selain menghibur dan menanamkan nilai moral, kisah kucing membuat anak-anak semakin menyayangi kucing.

Selanjutnya : Budaya Indonesia dalam Teori Filsafat Kebudayaan
Sebelumnya: Fakultas S2 di UIN Bandung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar