Ciri-ciri Akan Datangnya Dajjal

Saat ini, banyak orang yang lalai memperhatikan tentang Dajjal, padahal Nabi Muhammad saw. memperingatkan seluruh umatnya tentang Dajjal sebagai fitnah yang paling dahsyat sepanjang zaman. Tidak ada fitnah yang lebih hebat di dunia ini, selain fitnah Dajjal. Kita perlu mengetahui ciri-ciri akan datangnya Dajjal sebagai cara untuk memahami perkembangan kehidupan saat ini.

Sebuah hadis mengatakan bahwa, Dajjal merupakan sosok seorang laki-laki dari kalangan manusia keturunan Nabi Adam. Namun, sosok lelaki ini diberikan keistimewaan oleh Allah, yaitu tidak seperti manusia pada umumnya. Keistimewaan yang dimiliki Dajjal adalah lelaki yang hadir ke muka bumi, dan telah ada sebelumnya pada zaman Nabi Muhammad saw. dan para sahabat. Itu artinya, usia Dajjal sampai hari ini telah mencapai belasan abad.

Loading...

Tanda Kiamat

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa, saat ini sudah tampak datangnya tanda-tanda besar kiamat. Selain itu, hampir semua tanda-tanda kecil akan datangnya kiamat, seperti yang disampaikan oleh Nabi Muhammad saw. sudah muncul di zaman ini. Oleh karena itu, kita tidak dapat memungkiri akan datangnya tanda-tanda besar hari kiamat. Tanda besar pertama mengenai kiamat yang pasti akan datang ialah dengan munculnya (keluarnya) Dajjal.

Ciri-ciri akan datangnya Dajjal merupakan tanda telah dekat datangnya hari kiamat. Dajjal datang membawa kesesatan dan fitnah bagi seluruh umat manusia. Oleh karena itu, sebagai orang yang bertakwa hendaknya kita berdoa agar terhindar dari fitnah dan kesesatan yang dibawa dan disebarkan oleh Dajjal. Mulailah dari sekarang, kita menambah doa-doa dan memperbanyak dzikir kepada Allah Swt. agar terhindar dari tipu daya Dajjal yang menyesatkan.

Dajjal akan mempengaruhi seluruh umat manusia yang lemah imannya untuk mengikuti ajaran yang disebarkan oleh Dajjal. Rasulullah saw. mengingatkan bahwa Dajjal akan datang kepada manusia dengan ciri mempunyai mata sebelah kiri yang buta dengan tulisan kufr. Rasulullah saw. juga mengingatkan seluruh umat manusia untuk membaca ayat permulaan surat Alkahfi ketika bertemu dengan Dajjal. Ciri-ciri akan datangnya Dajjal semakin jelas ketika banyak tanda-tanda akan datangnya kiamat oleh Allah yang semakin dekat.

Loading...
Selanjutnya : Kumpulan Puisi tentang Guru
Sebelumnya: 3 Ranah Tempat Kearifan Lokal Suku Sunda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar