Ciri-ciri Asam Urat Kambuh dan Penanganannya

Ciri-ciri asam urat kambuh dan penanganannya merupakan suatu hal penting untuk diketahui oleh setiap masyarakat, terutama oleh kaum wanita yang banyak menderita penyakit ini. Namun meski demikian banyak juga kaum pria yang terserang penyakit ini pada masa usia menuju lanjut. Berikut akan dipaparkan mengenai pengertian, gejala dan terapi untuk penyakit asam urat.

Mengenal Asam Urat

Asam urat merupakan suatu penyakit yang disebabkan akibat menumpuknya hasil metabolisme purin yang berlebihan dan tidak dapat dikeluarkan oleh tubuh melalui urin. Sisa metabolisme tersebut akan terdeposit di persendian atau bahkan di ginjal.

Jika menumpuk di persendian, akan terbentuk benjolan yang mengalami pembengkakan dan berwarna kemerahan yang menimbulkan nyeri pada persendian. Jika pembengkakan sendi terjadi dengan tingkat keparahan yang cukup tinggi, dapat menyebabkan imobilitas gangguan dalam bergerak. Sedangkan jika menumpuk di ginjal menyebabkan terbentuknya batu ginjal yang juga berisiko menimbulkan nyeri hebat di pinggang.

Penyakit ini tak dapat disembuhkan namun dapat dikontrol agar kadar asam urat dalam darah tidak melebihi batas normal yang telah ditentukan, yakni untuk pria memiliki range normalĀ  3-7 mg/dl, sedangkan untuk wanita berkisar pada angka 3-6 mg/dl.
Ciri-ciri asam urat kambuh biasanya didahului dengan rasa nyeri dan kaku pada persendian di lutut atau di telapak kaki pada saat bangun tidur pagi hari.

Penanganan Asam Urat

Dokter akan memberikan terapi obat untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah atau obat yang berfungsi untuk melarutkan kristal asam urat agar mudah dieliminasi oleh tubuh. Untuk mencegah kekambuhan asam urat, maka dokter akan menyarankan bahan makanan apa saja yang dapat dikonsumsi atau bahan makanan apa saja yang harus dibatasi konsumsinya.

Selain dengan resep dokter, terapi asam urat juga dapat dilengkapi dengan menggunakan bahan-bahan alami, misalnya dengan rutin memakan pisang yang mengandung vitamin C dan kalium tinggi, dengan meminum larutan antara air dan baking soda, serta jangan lupa untuk minum air putih minimal 2 liter per hari.

Jika bengkak pada sendi cukup parah dan berwarna kemerahan, dapat meminum obat analgesik sebagai pereda nyeri dan untuk pembengkakannya dapat diredakan dengan salep antiinflamasi yang dapat dibeli di apotik.

Dengan mengetahui ciri-ciri asam urat kambuh, maka diharapkan seluruh masyarakat terutama penderita asam urat dapat menangani hal tersebut tanpa rasa panik. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk dapat hidup lebih sehat.

Selanjutnya : Kata Mutiara Perjumpaan Setelah Sekian Lama Berpisah
Sebelumnya: Review dan Harga Motor ATV Honda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini