Ciri-Ciri Buah Pear yang Bagus

Buah pear (atau pir) merupakan jenis buah yang memiliki kandungan air tinggi. Nama buah yang memiliki nama latin pyrus ussuriensis ini berbentuk lonjong dan berwarna hijau atau kuning.

Bila dimakan rasa buahnya sangat manis dan menyegarkan. Buah pear mengandung mineral dan vitamin. Tiap satu buah pear berukuran sedang (169 gram) mengandung 53 Kkal, vitamin C sebanyak 10 mg, kalsium 19 mg, dan potasium 138 mg.

Di pasar tradisional dan pasar modern banyak menjual buah pear berbagai jenis. Saat memilih buah pear yang bagus harus diperhatikan tampilan buahnya. Jangan memilih buah pear yang terlihat “layu” atau busuk, pastikan memilih buah pear yang sudah matang dengan mencium daging buahnya yang harum.

Jenis dan Manfaat Buah Pear

Buah pear enak disantap secara langsung atau dibuat jus. Mencampur pear dengan buah-buahan lain seperti apel, belimbing, atau melon agar rasa buahnya semakin segar.

Di pasaran banyak jenis buah pear yang dijual seperti ya-le, shandong, dan xiang-lie. Pear ya-le bentuknya seperti lonceng berwarna hijau, pear shandong umumnya berbentuk sedikit bulat seperti apel dan berwarna kuning kehijauan, pear xiang-lie bentuknya lonceng berwarna kehijauan.

Buah pear sangat kaya kandungan nutrien oksidannya (vitamin E, flavonoid, karetonoid dan omega 3) yang sangat bermanfaat sebagai anti oksidan dan menangkal radikal bebas. Kandungan air yang tinggi pada buah pear cocok dijadikan untuk minuman jus. Perhatikan ciri-ciri buah pear yang bagus agar Anda bisa mendapatkan buah pear yang segar  saat dimakan.

Pilih Buah Pear

Buah pear sangat cocok dijadikan sebagai “selingan” bagi penderita diabetes karena memiliki glikemiknya yang rendah. Buah pear juga bermanfaat mencegah konstipasi, mengatasi dehidrasi, dan juga melancarkan buang air besar.

Memilih buah pear tak boleh sembarangan agar mendapat maksimal dari buah pear yang dikonsumsi. pilihlah buah pir yang kulitnya mulus dan tidak ada bercak, pilih daging buah pear yang masih keras (tapi tidak mentah), buah pear yang segar tidak terlihat benyek atau busuk. Demikian tips untuk memilih buah pear yang segar dengan melihat ciri-ciri buah pear yang bagus.

Loading...
Selanjutnya : Kata Ganti Orang Ke3 Tunggal Dan Terbatas
Sebelumnya: Contoh Ekosistem Padang Rumput yang Tersebar di Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar