Mengenal Ciri-ciri Daerah Pantai atau Ekosistem Pantai


Daerah pantai memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan daerah lain seperti misalnya pegunungan. Mungkin banyak yang belum tahu bagaimana ciri ciri daerah pantai. Maka dari itu artikel ini akan membahasnya untuk Anda.

Ciri-ciri Daerah Pantai

Ciri ciri dari daerah pantai atau ekosistem pantai adalah terdapat tumbuhan yang mempunyai akar napas yang berguna untuk beradaptasi sebab di daerah pasang laut itu berlumpur.

Hewan-hewan yang ada di ekosistem pantai antara lain kepiting, udang, aneka macam kerang, burung laut, moluska, landak laut, keong, siput, dan ikan yang kecil-kecil. Apabila Anda melihat hewan-hewan itu berarti mereka berasal dari daerah pantai.

Di Indonesia, komunitas ekosistem perairan masih belum diketahui dengan pasti. Alasannya karena belum adanya penguasaan perangkat teknologi yang berguna untuk melakukan penelitian hingga perairan yang ada di dalam.
Namun memang komunitas kehidupan yang ada di perairan dalam tidak begitu banyak, tidak ada produsen sebab cahaya matahari tidak bisa masuk ke dalam, tidak ada rantai makanan hanya ada konsumen serta pengurai, plankton adalah makanan yang dimakan oleh konsumen.

Sementara komunitas pantai pasir yang dangkal ada di sepanjang pantai ketika air sedang pasang. Wilayahnya mencakup pesisir terbuka yang tidak dipengaruhi dengan sungai besar, ada juga yang terletak di antara batu yang curam.

Komunitasnya terdominasi oleh berbagai macam rerumputan dan ganggang. Jenis ekosistem ini terdiri atas tiga jenis, yaitu ekosistem pantai batu, terumbu karang, dan lumpur.

Di pantai ada zona oseanik yaitu wilayah ekosistem laut lepas. Oleh karena dalam maka tidak bisa ditembus oleh cahaya dari matahari sehingga pada bagian dasarnya sangatlah gelap. Oleh karena itu pula terjadilah perbedaan suhu sehingga air tidak bisa tercampur. Batas dari dua lapisan tersebut namanya adalah daerah termoklin. Daerah termoklin terdiri atas banyak ikan.

Di ekosistem pantai ada sebuah ekosistem pantai lumpur yang memiliki muara. Muara itu ada disebuah muara lagi yang disebut dengan monsun esturia. Habitat dalam pantai lumpur ini adalah beberapa jenis biota misalnya iklan gelodok.  Itulah beberapa ciri-ciri daerah pantai atau ekosistem pantai. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda.

Selanjutnya : Mengenal Ciri-ciri Haid
Sebelumnya: Sistem Pemerintahan Inggris dan Amerika
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar