Ciri-Ciri Esensi Keistimewaan Pulau Jawa


Pulau Jawa merupakan pulau yang paling padat penduduknya di Indonesia. Ciri-ciri esensi keistimewaan pulau Jawa dibanding pulau lainnya salah satunya adalah karena di pulau Jawa terdapat ibu kota negara. Ibu kota Indonesia, yaitu Jakarta, berada di ujung barat Pulau Jawa. Hal itu tentu membuat satu pulau tersebut menjadi lebih cepat pembangunannya daripada pulau lain di Indonesia.

Penduduk di Pulau Jawa mencapai 60% dari total penduduk di Indonesia. Penduduk yang tinggal di Jawa banyak juga yang merupakan orang di luar Pulau Jawa. Pulau Jawa memiliki magnet bagi pendatang untuk mengubah hidupnya, mengingat pembangunan di pulau ini lebih cepat daripada pulau lain. Pemerintah memang berupaya untuk terus melakukan pemerataan pembangunan dan melakukan transmigrasi. Pelaksanaan program yang kurang tepat membuat masalah tersebut belum terselesaikan sampai sekarang. Banyak orang yang enggan untuk ikut transmigrasi ke luar Pulau Jawa walaupun mereka tak juga mendapatkan pekerjaan yang layak.

Penduduk asli Pulau Jawa adalah suku Jawa. Meskipun satu pulau, bahasa yang digunakan berbeda-beda di tiap daerah, misalnya di Jawa Barat menggunakan bahasa Sunda sedangkan di Jawa Tengah menggunakan bahasa Jawa. Selain bahasanya yang berbeda, kebudayaan di pulau Jawa juga bermacam-macam. Perbedaan tersebut membuat keberagaman budaya terjadi di pulau ini.

Keadaan tanah yang subur dan curah hujan yang cukup membuat Pulau Jawa menjadi baik untuk lahan pertanian. Pegunungan yang membentang di pulau ini juga turut membantu bidang pertanian di Pulau Jawa. Pulau Jawa juga menjadi sasaran dari penjajah. Kita bisa melihat banyaknya bangunan dan alat transportasi yang dulu dibuat oleh para penjajah di pulau ini. Perjuangan kemerdekaan yang juga dimulai di Pulau Jawa membuat pulau ini lebih dominan daripada pulau yang lain.

Sebagai negara kepulauan, setiap pulau yang berada di teritorial Indonesia adalah pulau yang penting. Pulau Jawa menjadi istimewa karena di sanalah pusat pemerintahan. Ciri-ciri esensi keistimewaan Pulau Jawa salah satunya terdapat pada pembangunannya yang lebih merata dibandingkan dengan pulau lainnya. Pemerintah juga berharap agar pembangunan dapat merata tidak hanya di Jawa saja, walaupun pelaksanaannya masih sulit untuk terwujud.

Selanjutnya : Tip-tip Bagaimana Memilih Bakalan Murai Batu yang Bagus
Sebelumnya: Dampak Positif dari Dunia Pariwisata
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar