Ciri-ciri Hewan Komodo Langka


Ciri-ciri hewan komodo langka bisa dilihat dari wajahnya yang mirip dinosaurus. Komodo dikatakan sebagai sisa hewan purba yang masih ada. Penampilannya begitu menyeramkan. Namun begitu, tetap saja banyak orang yang penasaran dengan hewan yang bisa tumbuh hingga 3 meter ini. Tubuhnya yang cukup besar itu ternyata tidak menghalanginya untuk mampu berlari dengan kecepatan 20 km per jam.

Keganasan Tanpa Ampun

Ciri-ciri hewan komodo langka lainnya adalah lidahnya yang panjang serta penciuman yang tajam. Wanita yang sedang haid, jangan coba-coba mendatangi tempat komodo berada. Hewan ini sangat sensitif dengan bau darah sama dengan hiu yang akan menjadi begitu agresif ketika tercium bau darah.

Komodo bisa memperlihatkan keganasan tanpa ampun. Penduduk lokal telah banyak menjadi korban. Tidak sulit menemukan penduduk yang tinggal di dekat Taman Nasional Komodo yang mempunyai kecacatan tubuh. Bagian tubuh mereka hilang karena diserang oleh komodo. Korban meninggal pun tidak sedikit. Komodo ini benar-benar tidak bisa dijinakan.

Komodo yang mampu menyelam hingga 3,5 meter dan juga mampu memanjat, akan membuat korbannya tidak berdaya. Tidak hanya itu. Komodo ini bisa menggali tanah hingga kedalaman 3 meter. Kulitnya yang terlihat tebal itu bisa membuat komodo mengatur suhu tubuhnya. Artinya komodo berada pada tingkat kewaspadaan yang tinggi hampir setiap saat.

Tidak seperti beruang atau ular yang akan menjadi sedikit tidak berdaya ketika sudah kenyang. Komodo bisa menyerang kapan pun. Walau begitu ternyata banyak juga yang mampu menakhlukan komodo dan memperjualbelikannya di pasaran hewan langka. Inilah yang membuat jumlah komodo mungkin hanya 3000 ekor lagi.

Hewan Pemakan Daging

Komodo merupakan hewan karnivora yang ganas. Di alam bebas komodo biasa memasang kijang atau rusa. Hewan yang lebih besar seperti kerbau pun bisa dimakan oleh komodo. Lingkungannya yang merupakan padang rumput membuat komodo cukup mudah menemukan makanannya. Jika tidak ada makanan, maka penjaga Taman Nasional Komodo akan memasok makanan untuk hewan ganas itu.

Penduduk lokal tidak menyebut hewan ini dengan nama komodo. Mereka menamakan komodo, ora. Mereka cukup tahu dengan kebiasaan komodo. Pada bulan Mei sampai bual Agustus, komodo memasuki musim kawin. Keganasan mereka mungkin terlihat bertambah. Untuk itu tetap waspada ketika ingin melihatnya.

Komodo berkembang biak dengan cara bertelur. Hal ini juga termasuk dalam ciri-ciri hewan komodo langka tersebut. Sebulan dari musim kawin berakhir atau bulan September, biasanya akan mulai terlihat telur-telur komodo.

Selanjutnya : Ciri-ciri Jenis Tari Tradisional
Sebelumnya: Dampak Negatif Cinta Tidur
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar