Mengenali Ciri-ciri Ideologi Terbuka dan Tertutup


Macam-macam ideologi terbagi menjadi dua, yakni ideologi terbuka dan ideologi tertutup. Ciri-ciri ideologi antara satu dan yang lainnya cenderung berbeda. Bahkan bisa dibilang bertolak belakang. Misalnya saja pada ideologi tertutup lebih cenderung memiliki sifat mutlak. Sedangkan pada ideologi terbuka sifatnya tidak dimutlakkan.

Ideologi Terbuka dan Tertutup

Pada ideologi terbuka memiliki ciri-ciri yang lebih menekankan pada kesepakatan di masyarakat. Memiliki kekayaan moral, rohani serta budaya masyarakat atau falsafah. Adanya ideologi ini ditemukan sendiri dalam masyarakat sehingga bisa dikatakan sebagai milik dari seluruh rakyat yang juga dapat digali sendiri. Bukan diciptakan negara.

Dalam ideologi terbuka terdapat sifat kekinian. Maksudnya ialah ideologi ini dapat digali oleh setiap generasi untuk mencari kembali falsafah serta mencari implikasi dalam situasi yang baru. Sehingga isi dari ideologi ini sifatnya tidak langsung operasional.

Ciri lain ideologi terbuka ialah ia sangat menghargai adanya pluralitas. Sehingga ia bisa diterima oleh berbagai lapisan masyarakat yang terdiri dari bermacam-macam latar budaya dan agama. Karena sifatnya yang menghargai pluralitas maka ia cenderung lebih memberi kebebasan pada masyarakat.

Sedangkan ciri-ciri dari ideologi tertutup adalah bukan merupakan ideologi yang menjadi cita-cita yang telah lama hidup dalam masyarakat. Ia tidak bersumber dari masyarakat itu sendiri melainkan ada dibentuk dan dibawa oleh sebuah kelompok. Ketika sebuah kelompok itu berhasil menguasai Negara maka masyarakat akan dipaksa untuk mengadopsi ideologi tersebut.

Isi dari ideologi tertutup cenderung dogmatis serta apriori. Sehingga tidak bisa dilakukan pengubahan maupun dimodifikasi. Selain itu ia juga tidak mengakui adanya hak setiap individu untuk mempunyai pertimbangan dan keyakinan sendiri. Ia menuntut adanya ketaatan mutlak tanpa disertai dengan keengganan maupun keragu-raguan.

Ciri lain dari ideologi tertutup ialah memiliki sifat yang otoriter serta dijalankan secara totaliter. Maksud totaliter ialah ideologi ini mencakup seluruh aspek dalam kehidupan seperti norma dan nilai yang dianut masyarakat. Ciri-ciri ideologi yang telah dipaparkan merupakan ciri dari dua ideologi yang berbeda yakni ideologi terbuka dan ideologi tertutup.

Selanjutnya : Contoh Aplikasi Chatting Java Desktop untuk Penggunaan Multiakun
Sebelumnya: Berapa Harga Formulir Cerai
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar