Ciri-ciri Ikan Cupang Betina Siap Dikawinkan


Ikan cupang adalah sejenis ikan air tawar. Ciri-ciri ikan cupang betina hampir sama dengan cupang jantan. Habitat utama ikan cupang ada di beberapa Negara di Asia Tenggara. Salah satu Negara yang menjadi habitatnya ialah Indonesia selain itu juga terdapat di Thailand, Vietnam dan Malaysia.

Ciri Khusus dari Ikan Cupang

Ciri khusus dari ikan cupang ialah tubuhnya yang mungil serta siripnya yang lebar dan indah. Selain itu ia juga memiliki warna yang memikat. Pada masa awalnya ikan ini banyak dikenal sebagai ikan yang khusus untuk diadu. Namun dalam perkembangannya para pecinta ikan atau hobiis sukses menciptakan beberapa jenis baru ikan cupang. Beberapa jenis ikan cupang baru diantaranya ialah halfmoon, plakat, serit/crowntail, plakat halfmoon dan giant betta.

Mengawinkan ikan cupang membutuhkan kesabaran serta ketelitian. Faktor-faktor seperti suhu, cuaca serta kualitas air harus diperhatikan. Selain itu untuk indukan yang akan dikawinkan juga perlu untuk diperhatikan. Hal ini bertujuan agar anak yang dihasilkan bisa benar-benar sempurna.

Untuk mengawinkan ikan cupang, tidak bisa sembarangan. Ikan cupang harus dikawinkan dengan sejenisnya. Misalnya saja ikan cupang halfmoon harus dengan halfmoon, plakat dengan plakat dan seterusnya. Serta sangat disarankan untuk mengawinkan ikan cupang yang sewarna.

Ikan cupang betina yang telah siap kawin memiliki ciri yakni siripnya lebih pendek daripada sirip cupang jantan. Memiliki badan yang juga lebih kecil. Namun untuk melihat ikan cupang betina yang benar-benar siap kawin dapat dilihat dari perutnya yang buncit. Selain itu terdapat gumpalan yang kecil berwarna putih dibagian bawah perutnya.

Ciri ikan cupang yang bagus dan siap dikawinkan ialah sudah memiliki umur yang cukup. Pilihlah yang paling bagus diantara yang lainnya, untuk yang jantan bukaan siripnya harus bagus dan tidak cacat maupun robek. Warna yang cerah dan sehat. Ciri-ciri ikan cupang betina yang telah siap kawin haruslah benar-benar diperhatikan untuk mendapatkan hasil anakan yang memuaskan.

Selanjutnya : Arti Nama Bayi Laki-laki Jepang
Sebelumnya: Tips Bertanam Sayur Sawi Hijau
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar