Mengetahui Ciri-ciri Iklim di Indonesia


Sebelum membahas tentang ciri-ciri iklim di Indonesia, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa sih iklim itu. Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain. Sederhananya iklim adalah kondisi alam atau cuaca atas suatu daerah.

Tentu kita semua sudah tahu bahwa di Indonesia menganut iklim tropis. Iklim tropis termasuk iklim yang dilihat berdasarkan matahari. Selain iklim tropis, iklim matahari juga memiliki iklim lain yaitu iklim subtropis, iklim sedang, dan iklim dingin. Tapi yang akan kita bahas disini hanya iklim tropis, khususnya iklim tropis di Indonesia.

Iklim Tropis

Iklim tropis terletak antara 0° LU sampai 231/2° LS dan hampir 40% dari permukaan bumi. Secara umum ciri-ciri iklim tropis adalah:

1. suhu udara rata-rata tinggi, karena matahari selalu vertical. Suhu udara berkisar antara 20° C – 30° C dan bisa mencapai 30°C di beberapa tempat.

2. Amplitudo suhu rata-rata untuk tahunan terhitung kecil. Di khatulistiwa antara 1-5°C, sedangkan amplitude harian terhitung lebih besar.

3. Tekanan udara rendah dan perubahannya secara perlahan dan beraturan.

4. Turun hujan lebih banyak dari daerah-daerah lain di dunia.

Untuk wilayah Indonesia, ciri-ciri iklimnya antara lain:

1. Curah hujan tinggi. Rata-rata 1800m per tahun.

2. Radiasi matahari tinggi karena matahari bersinar sepanjang tahun.

3. Kelembapan yang tinggi hingga mencapai lebih dari 90%.

4. Aliran udara relative sesuai kebutuhan manusia.

5. Amplitude temperature anta siang dan malam 2°C hingga 5°C. hal ini dikarenakan kelembapan udara yang tinggi.

Iklim fisis adalah iklim menurut keadaan atau fakta sebenarnya di suatu wilayah sebagai hasil dari pengaruh lingkungan alam. Untuk iklim fisis wilayah Indonesia termasuk dalam Iklim laut (maritim), iklim darat (kontinen) dan iklim musim (muson).

Selain iklim matahari dan iklim fisis, para ahli juga mengemukakan beberapa teori tentang iklim. Menurut Koppen, iklim terbagi atas 5 kondisi yang masing-masing diberi symbol A-E. Iklim A untuk tropis, B untuk iklim gurun tropis atau kering, C untuk iklim sedang, D untuk iklim salju, dan E untuk iklim kutub.

Selain Koppen masih ada lagi tokoh yang mengemukakan teorinya tentang pembagian iklim, yaitu F. Junghuhn, Mohr, dan Ferguson. Sekian tentang iklim, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Ragam Contoh Teater dari Jawa Barat
Sebelumnya: Artikel Gempa Bumi di Aceh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar