Ciri-ciri Iklim Tropis yang Dapat Ditemui di Indonesia


Indonesia sebagai negara beriklim tropis mempunyai kekayaan flora dan fauna yang sangat beragam. Negeri ini menjadi tempat hidup bagi hewan-hewan dan tanaman langka yang hanya bisa hidup di hutan tropis. Ciri-ciri iklim tropis dapat diketahui dari suhu udara, curah hujan, dan tekanan udara.

Iklim tropis di Indonesia secara langsung memberikan pengaruh terhadap kehidupan manusia dan ekosistem flora dan faunanya. Di Indonesia tidak terjadi musim salju yang suhunya dapat mencapai di bawah 5 °C, hal itu membuat para pekerja di tanah air bisa bekerja secara penuh dalam setahun.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah perbedaan istilah antara iklim dan cuaca. Cuaca adalah keadaan yang terjadi pada suatu daerah dengan skala kecil dan jangka waktu yang singkat. Sedangkan iklim adalah keadaan yang terjadi pada daerah dengan skala luas dan jangka waktu yang panjang.

Ciri-ciri Negara Beriklim Tropis

Berikut ini adalah karakteristik wilayah beriklim tropis:

Suhu Normal Udara Berada pada 20°–23°Celcius

Beberapa wilayah dengan iklim tropis bisa memiliki suhu di atas 30°C. Suhu normal udara ini bisa berubah dengan adanya perubahan keadaan lingkungan di wilayah tetentu. Kadang kala suhu di beberapa wilayah Indonesia bisa mencapai di atas 30°C, hal itu terjadi karena lingkungan alam telah dirusak manusia, terutama penggundulan hutan.

Tekanan Udara Cenderung Rendah dan Mengalami Perubahan Secara Lambat dan Beraturan

Keadaan seperti ini akan ditemui pada wilayah beriklim tropis yang masih alami, tidak terpengaruh dengan adanya pemanasan global akibat kerusakan hutan dan polusi industri. Tekanan udara bisa berubah jika ada perubahan lingkungan karena tangan-tangan manusia.

Curah Hujan Besar

Negara-negara dengan iklim tropis akan memiliki curah hujan lebih besar dan banyak daripada negara lainnya di dunia. Curah hujan yang besar akan membuat kehidupan penduduk dan ekosistem lingkungan tumbuh dan berkembang. Akan tetapi jika hutan telah gundul dan tidak ada resapan air yang mencukupi, maka banjir sering terjadi.

Itulah ciri-ciri iklim tropis yang bisa ditemui di Indonesia atau negara-negara lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Selanjutnya : Uraian Singkat Tentang Sistem Politik Negara Inggris
Sebelumnya: Penggunaan dan Penulisan Gelar sesuai EYD
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar