Ciri-ciri Jamur Beracun

Kita perlu mengenali ciri-ciri jamur beracun. Hal itu berguna untuk menghindari keracunan saat kita mengkonsumsinya. Karena efek dari keracunan jamur memang luar biasa. Selain menimbulkan  mual dan muntah, pada keadaan akut yang lambat penanganannya, si penderita bisa kehilangan nyawa dengan cepat.

Tak dapat dipungkiri, jamur memang merupakan tanaman yang menarik. Rasanya yang lezat dan  khasiatnya sebagai  obat, membuat banyak orang penasaran untuk mencobanya. Apalagi keberadaannya di muka ini banyak dan beragam jenisnya.Juga mudah ditemukan dimana-mana, membuat banyak orang penasaran untuk mencicipinya.

Loading...

Ciri-ciri Jamur Beracun

Tetapi ternyata perlu kehatian-hatian saat akan mencoba mencicipinya. Apalagi jamur yang berada di alam liar. Seringkali penampilannya yang cantik begitu menantang untuk diperhatikan. Padahal didalamnya mengandung bisa yang mematikan. Agar tidak terjebak memilih jamur untuk dikonsumsi, ada baiknya perhatikan tanda-tanda lewat penampilan fisiknya. Dengan mengetahui ciri-ciri jamur beracun tersebut, maka  penyuka makanan jamur tidak akan tertipu lagi.

a.Warna yang Menantang untuk Diperhatikan

Jamur beracun biasanya mempunyai warna mencolok seperti merah,, hijau tua, biru tua, hitam dan lain sebagainya. Tetapi jamur yang berwarna kuning muda dan putih pun ada yang mengandung racun. Tetapi jumlahnya tidak sebanyak jamur dengan warna yang mencolok tersebut.

b.Bau yang Menyengat

Kebanyakan jamur beracun mempunyai bau yang menyengat. Aromanya tercium sebagai bau amoniak bahkan telur busuk.

c.Mempunyai Cincin dan Cawan

Ciri fisik lainnya yang bisa membedakan jamur beracun adalah tanda cincin atau cawan. Tetapi hal inipun tidak selalu relevan. Ada jenis jamur yang juga bercincin dan bercawan, akan tetapi tidak mengandung racun. Contohnya jamur merang yang bercawan dan jamur kompos yang bercincin tapi tidak mengandung racun.

d.Tempat Tumbuh yang Kotor

Umumnya jenis jamur beracun tumbuh di tempat yang kotor. Misalnya di kandang binatang, tempat pembuangan sampah dan lain sebagainya. Berbeda dengan jamur kompos yang saat budidayanya menggunakanpupuk kandang. Tetapi hal itu berbeda sifatnya.

e.Gunakan Benda Perak untuk Mengetes Kadar Racunnya

Gunakan pisau terbuat dari bahan perak untuk mengetes sebuah jamur beracun atau tidak. Jika pisau tersebut mengerat sebuah jamur kemudian meninggalkan warna hitam atau biru pada pisau tersebut, artinya jamur tersebut mengandung racun.

f.Lihat Perubahan Warna Saat Dimasak

Jamur beracun akan mengalami perubahan warna yang cepat saat proses memasak. Dari asalnya yang berwarna putih akan mengalami perubahan menjadi warna gelap. Begitulah ciri-ciri jamur beracun. Dengan mengetahui perbedaannya membuat kita bisa menghindari diri dari keracunan akibat salah mengkonsumsi jenis jamur beracun.

Loading...
Selanjutnya : Membuat Bisnis Sukses tanpa Modal
Sebelumnya: Berbagai Bentuk Kepemilikan Bisnis Popular
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar