Mengenal Ciri-ciri Kerajaan Islam dan Peninggalan Sejarahnya di Indonesia


Ada banyak kerajaan Islam yang pernah tumbuh dan berkembang di Indonesia. Kerajaan-kerajaan tersebut juga tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, oleh karena itu ajaran agama Islam pun meluas dengan cepat ke seluruh bagian wilayah Indonesia.

Kerajaan Islam dan Peninggalannya

Ciri-ciri kerajaan Islam dan peninggalan sejarahnya masih bisa kita temukan pada saat ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Ciri utama ada dalam bangunan dari kerajaan Islam. Ciri ini pun menjadi peninggalan kerajaan Islam yang banyak, yang di antaranya masih bisa kita lihat, dan dilestarikan oleh pemerintah daerah setempat. Bangunan-bangunan tersebut seperti masjid dan makam/nisan.

a. Masjid-masjid ini umumnya memiliki ciri atap berbentuk tumpang dengan puncak berbentuk limas, memiliki menara sebagai tempat azan, biasanya berada di ibu kota atau alun-alun kota tempat raja dan rakyatnya bertemu, pintu gerbang berupa gapura seperti keraton atau candi, dan terdapat kolam untuk berwudhu.

Masjid-masjid peninggalan kerajaan Islam yang terkenal dan masih berdiri sampai sekarang di antaranya Masjid Banten, Masjid Demak, Masjid Kudus, dan Masjid Keraton Yogyakarta.

b. Makam pada masa kerajaan Islam terutama makam-makam dari raja atau petinggi Islam biasanya memiliki nilai budaya yang tinggi. Selain dari makamnya sendiri, nisannya pun memiliki nilai budaya yang tinggi juga.

Beberapa makam peninggalan kerajaan Islam yang terkenal adalah makam Sunan Langkat, makam para Walisongo, makam Raja Gowa, dan masih banyak lagi makam lainnya.

2. Peninggalan berupa karya seni. Karya seni pada masa kerajaan Islam berkembang dengan pesat. Karya seni itu meliputi seni rupa, seni ukir, seni pahat, seni pertunjukkan, dan seni sastra.

Seni ukir dan pahat bisa kita temukan pada ukiran dan pahatan pada bangunan-bangunan masjid peninggalan kerajaan Islam. Seni pertunjukkan berupa tarian dan permainan alat musik rebana.

Seni sastra berupa cerita seperti babad dan hikayat yang dituliskan dengan huruf Arab-Melayu yang biasa kita kenal dengan Arab gundul.

Seni paling menarik lainnya dari tulisan adalah kaligrafi. Kaligrafi merupakan tulisan huruf Arab yang diukir sedemikian rupa sehingga terlihat indah.

Berbagai ciri-ciri kerajaan Islam dan peninggalan sejarahnya merupakan warisan budaya yang berharga dan perlu dijaga kelestariannya, terutama yang masih berdiri dan bisa dirasakan manfaatnya sampai sekarang, contohnya masjid.

Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Contoh Harta Wakaf Berdasarkan Tujuan, Jenis, dan Penggunaan
Sebelumnya: Membantu Latihan untuk Penderita Stroke
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar